Pasokan Cina Terputus, Pasokan Bawang Putih ke Indonesia Terganggu

Sudarta menyebutkan selain penerbangan pemicu inflasi tahun 2016 adalah harga ikan, bawang merah dan cabai rawit.

Pasokan Cina Terputus, Pasokan Bawang Putih ke Indonesia Terganggu
Google.com
Bawang putih 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perwakilan Bank Indonesia Kantor Wilayah Babel Sudarta menyebutkan selain penerbangan pemicu inflasi tahun 2016 adalah harga ikan, bawang merah dan cabai rawit.

Sedangkan penyumbang inflasi menjelang Ramadhan tahun 2017 ini adalah bawang putih karena harganya melonjak.

"Pasokan Cina sudah putus sehingga pasokan bawang putih di Indonesia terganggu. Indonesia sangat tergantung pada negara luar untuk bawang putih karena kurang cocok ditanam di Indonesia. Stok yang ada di pasaran saat ini sisa stok yang masih tersimpan distributor. Ini tugas TPID agar distributor tidak melakukan penimbunan barang. Jangan sampai di pasar kering di gudang banyak," ungkap Sudarta pada rapat koordinasi inflasi, Senin (29/5/2017) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka.

Selain itu harga daging ayam ras naik, seharusnya Babel surplus daging ayam karena produksi 14 ribu ton keperluann hanya 6.000 ton. Untuk itu ia juga heran mengapa harga daging ayam ras naik.

Sedangkan untuk daging beku, gula dan minyak goreng sudah dipatok harga eceran tertinggi (HET) oleh pemerintah. "Harapannya di pasaran sesuai HET pemerintah," harap Sudarta.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat melalui iklan layanan bahkan kerjasama dengan ormas Islam dan para alim ulama mengundang MUI, Nahdatul Ulama dewan masjid dan Muhammadiyah agar masyarakat tidak berbelanja berlebihan dan bijak dalam mengkonsumsi.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help