BangkaPos/
Home »

Techno

» Apps

Ini Dia Tank Leopard Tercanggih di Asia Tenggara Milik Singapura

SAF (Singapore Armed Forces) terus menerus mengupgrade Leopard 2A4SG dengan berbagai perangkat elektronik yang memastikan bahwa MBT

Ini Dia Tank Leopard Tercanggih di Asia Tenggara Milik Singapura
Sumber gambar: Aryo Nugroho
Sistem optik ELOP COAPS. 

BANGKAPOS.COM--Sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang memboyong Main Battle Tank buatan Jerman Leopard 2A4, Singapura tidak lantas berhenti.

SAF (Singapore Armed Forces) terus menerus mengupgrade Leopard 2A4SG dengan berbagai perangkat elektronik yang memastikan bahwa MBT yang mereka gunakan selalu satu langkah di depan teknologi yang digunakan oleh tetangganya, dan harus diakui, tercanggih di kawasan.

Bukti kecanggihan itu terpampang jelas dalam Army Open House 2017 yang diselenggarakan di F1 Pit pada 27-28 Mei 2017.

Baca: Kisah Tragis Gary Powers, Pilot U-2 yang Pesawatnya Ditembak Jatuh dan Tertangkap Rusia

Dalam pameran statik, terpampang dua Leopard 2A4SG yang dibeli Singapura dari perusahaan Krauss Maffei Wegmann, seolah jadi macan penjaga ke arena display statik.

Leopard lindas mobil
Leopard lindas mobil (Sumber gambar: Aryo Nugroho)

Awalnya penulis biasa-biasa saja. Soalnya Leopard 2A4SG sudah cukup lama dibeli, bahkan sudah lebih 5 tahun umurnya digunakan SAF.Mau naik ke atas juga malas, karena palkanya ditutup.

Tapi tunggu dulu, saat menengok ke arah atap kubah, kok ada yang tidak biasa? Di tempat yang biasanya dihuni sistem optik panoramik untuk komandan yaitu Hensoldt PERI R-17A2, sekarang digantikan sebuah sistem optik panoramik dalam modul berukuran besar.

Buka-buka kitab rujukan, penulis terkaget-kaget karena ternyata sistem optik tersebut adalah ELOP COAPS (Commander Open Architecture Panoramic Sight) buatan Elbit Optronics Israel!

COAPS menawarkan sistem optik untuk komandan tank yang lebih baik dari PERI R-17 dengan kamera termal terintegrasi buatan Sagem-Matis-STD Perancis, kamera FLIR (Forward Looking Infra Red) kamera berwarna yang bisa di-zoom, serta laser pengukur sasaran (laser rangefinder), seluruhnya distabilisasi pada dua sumbu.

Untuk menggambarkan seberapa canggihnya COAPS, Leopard 2A4SG kini bisa mengenali sasaran berupa tank atau ranpur dalam kondisi gelap malam pada jarak 10,5 km melalui sistem FLIR yang terpasang.

Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Angkasa
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help