Danlanal Babel Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Komandan Lanal Babel Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 di Lapangan Apel Mako

Danlanal Babel Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila
ist
upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lanal Babel Jalan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu, Kamis (1/6). 

BANGKA POS.COM,BANGKA -- Komandan Lanal Babel Letkol Laut (P) Iwan Kuswanto memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 di Lapangan Apel Mako Lanal Babel Jalan Tanjung Gudang Kecamatan Belinyu, Kamis (1/6).

Dalam upacara itu, Perwira Upacara membacakan Amanat Presiden RI kepada peserta

Diantara isi dari amanat tersebut:

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila meneguhkan komitmen, agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai- nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

Pancasila merupakan hasil dari suatu proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila pada tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan Final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Foundeling Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara, sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita.

Harus diingat bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah Keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah Keberagaman, dari Miangas sampai Rote adalah juga keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia, itulah ke-bhinneka tunggal Ika-an kita.

Dalam amanat yang dibacakan tersebut, Presiden RI mengajak peran aktif para ulama, ustad, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat, untuk menjaga Pancasila.

"Akhir amanatnya Presiden RI mengucapkan Selamat hari Pancasila, Kita adalah Pancasila, semua anda Indonesia, semua anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila".

Upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2017 di Mako Lanal Babel, diikuti oleh seluruh Prajurit Lanal Babel yang terdiri dari Ton Pamen, Ton Pama, Ton Bintara dan Ton Tamtama Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help