BangkaPos/

Lewat Video Komedi, Gawe Gile Angkat Konten Lokal Babel

Berawal dari hobi, Gawe Gile di IG berisikan video komedi yang dibuat oleh putera daerah Bangka Belitung kini sudah memiliki 9249 followers

Lewat Video Komedi, Gawe Gile Angkat Konten Lokal Babel
ist
Tim Gawe Gile, Iqbal (paling kiri) bersama Yuda Saputra, Heni Rahayuningsih, Fadillah Septian Wahyudi, Munir, Indri Indawati 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bagi kawula muda pengguna Instagram dan Facebook mungkin tak asing lagi mendengar Gawe Gile. Berawal dari hobi, Gawe Gile di IG berisikan video komedi yang dibuat oleh putera daerah Bangka Belitung kini sudah memiliki 9249 followers.

Kemunculannya dibentuk sejak awal tahun oleh karyawan perbankan sebagai penggagas ide video komedi berkonten lokal ini.

logo gawe gile
logo gawe gile (ist)

Gawe Gile pertama kali mengunggah video komedi di IG sejak April 2017. Terhitung sudah ada tiga belas video komedi yang pernah dibuat Gawe Gile antara lain berjudul Ngumong Kek Sabek, Kemat, dan Cerudik.

Iqbal Rachman (26) pertama kali yang menggagas ide membuat video komedi. Alumni S1 Amik Atma Luhur ini belajar otodidak teknik potoshop sejak 2010 dan video 2016 lalu dari youtube.

"Kita bikin video komedi ini karena seneng komedi bai. Rencana awal kami pengen bikin berbahasa nasional tapi pikir-pikir ngape dak cobe bahasa Bangka? Respon dari bahasa Bangka penontonnya banyak, berlanjutlah sampe sekarang sambil promosi Bangka Belitung," ujarnya saat ditemui Bangka Pos bersama dengan lima kawan lain yang menjadi pemeran di Gawe Gile, Kamis (1/6) di Taman Sari Pangkalpinang.

Ide bekelakar di video merupakan buah pemikiran Iqbal bersama kawan-kawan. Namun beberapa tema video komedi mengangkat kebiasaan lokal Bangka Belitung dan momen bulan suci Ramadhan.

Iqbal mengungkapkan sudah lama memiliki passion di bidang desain grafis. Meski karyanya sudah ditonton banyak orang namun dirinya bersama teman-teman lain belum berencana mengkomersilkan IG Gawe Gile sebagai lapak iklan.

Ia tak menampik kini ada beberapa tawaran iklan produk lokal yang ingin tampil di IG Gawe Gile. Bahkan hasil karya Iqbal bersama kawan-kawannya ini telah dilirik oleh institusi pemerintah untuk direkomendasikan sebagai peserta yang ikut dalam pembuatan video dokumenter Juli mendatang.

"Kita fokus dan konsisten buat bikin video dulu. Kita semua sudah punya pekerjaan cuma ini passion di bidang seni. Jenuh dengan rutinitas begawe, kalau syuting gini kalau ade yang salah kita ketawa-ketawa jadi seru," tambahnya

Berbekal kamera DSRL dan tripod, tim Gawe Gile menyempatkan waktu tiap akhir pekan memikirkan ide video komedi dan proses syuting yang biasa dilakukan selama tiga jam.

Sementara salah satu pemeran yang belum lama bergabung dengan Gawe Gile Yuda Saputra (26) mengaku tertarik bergabung dengan komunitas video komedi yang mengusung logo mentilin ini karena senada memiliki ketertarikan terhadap video komedi.

"Ku juga suka bikin video di IG tapi dak di edit. Kalau sama temen-temen ini kan lebih profesional," tutur pria yang kerap tampil sebagai master of ceremony (MC) ini. (*)

Penulis: Dhina Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help