Mata Tegang Akibat Menatap Layar Komputer, Begini Cara Menghindarinya

Apakah Anda sering mengalami mata lelah setelah melihat layar komputer terlalu lama?

Mata Tegang Akibat Menatap Layar Komputer, Begini Cara Menghindarinya
Intisari Online
Agar Mata Nyaman Menatap Layar Komputer 

BANGKAPOS.COM -- Apakah Anda sering mengalami mata lelah setelah melihat layar komputer terlalu lama? Dalam beberapa kasus, pandangan Anda bahkan bisa menjadi kabur.

Jika Anda tidak ingin itu terjadi lagi, pertimbangkan bagaimana menghindari ketegangan mata karena melihat layar komputer, seperti berikut ini.

 Posisi yang tepat.

Pastikan jarak antara monitor komputer atau laptop ke mata Anda adalah 50 - 100 sentimeter. Jangan menyesuaikan jarak mata lebih dekat ke layar jika huruf terlalu kecil untuk dibaca, tetapi cobalah untuk mengubah ukuran huruf.

Pencahayaan.

Kadang-kadang, cahaya dari layar komputer atau laptop juga mudah menyebabkan ketegangan mata. Jadi, Anda harus menyesuaikan pencahayaan di layar. Selain itu, pastikan ruangan tidak terlalu gelap atau terang.

Membersihkan layar.

Jangan malas untuk membersihkan layar komputer atau laptop. Karena, debu pada layar juga mempengaruhi mata.

Posisi keyboard.?

Tempatkan keyboard tepat di depan Anda, tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika posisi tidak benar, bukan hanya tangan dan lengan saja yang akan merasa lelah, mata Anda pun akan menegang.

Penempatan objek.

Jika Anda menyalin sesuatu, seperti mengetik sebuah esai dari buku, pastikan untuk menempatkan benda-benda tersebut tidak terlalu jauh dari layar. Ini akan membantu mata ketika mengubah fokus dari satu titik ke titik lain.

Lakukan hal ini agar mata tetap nyaman ketika menatap layar komputer. Selamat mencoba.

Editor: edwardi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved