Ini 4 Penyebab Utama Wanita Gagal Diet

Diet tak sekadar membatasi porsi makan. Yang lebih penting justru mengatur apa yang diasup.

Ini 4 Penyebab Utama Wanita Gagal Diet
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Diet tak sekadar membatasi porsi makan. Yang lebih penting justru mengatur apa yang diasup.

Ahli gizi dan Olahraga Jansen Ongko, MSc., RD, merinci aturan diet yang benar agar diet Anda berhasil baik dan tubuh Anda tetap sehat. Berikut di antaranya:

1.Komitmen diri.
Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, diperlukan komitmen yang tinggi dari diri sendiri. Komitmen ini meliputi komitmen perubahan pola makan, komitmen untuk rutin melakukan olahraga, dan komitmen untuk istirahat secara teratur.

2.Retensi air.

“Banyak yang menyerah melakukan diet dan kembali ke pola makannya yang buruk akibat tidak ada perubahan berarti pada angka di timbangan dalam jangka waktu yang lama.”

Mungkin saja penyebabnya adalah retensi air atau “edema” yaitu  kondisi saat tubuh kekurangan kalori atau kelaparan dalam jangka waktu relatif lama. Nutrisi yang tidak seimbang menghambat mekanisme aliran ke dalam sel yang berfungsi untuk membuang kelebihan sodium dan air di tubuh.

“Semakin rendah kalori yang tersedia untuk dipakai tubuh dan untuk berfungsi secara normal serta kurangnya nutrisi penting, dapat menyebabkan retensi air jadi lebih parah lagi.”

3.Adaptive Thermogenesis.

Adalah defisit kalori. Berdiet memicu metabolisme menyesuaikan tubuh terhadap perubahan yang terjadi.

4.Faktor hormon lain.

Penurunan massa otot pada tubuh selama melakukan diet yang terlalu ekstrem, akibat tingginya produksi hormon kortisol. Produksi hormon kortisol yang terlalu tinggi dalam jangka lama menyebabkan tubuh mengurai asam amino pada otot sebagai energi. Bukan hanya hormon kortisol, hormon leptin juga ikut terpengaruh.

Editor: edwardi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved