Penambangan di Bukit Kukus Akhirnya di Batalkan

Fatah mengatakan, setelah memperhitungkan dampak lingkungan masyarakat, dan potensi wisata di kawasan bukit kukus

Penambangan di Bukit Kukus Akhirnya di Batalkan
bangkapos.com/Ryan A Prakasa
Wakil gubernur provinsi Bangka Belitung, Abdul Fatah

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah membeberkan rencana penambangan di bukit kukus di Pal 4 Muntok, Bangka Barat di declare akan dibatalkan.

Hal ini berdasarkan pertemuan yang digelar beberapa waktu lalu bersama bupati bangka barat, forum DAS, kepala dinas pertambangan, dan stake holder terkait.

"Waktu rapat dengan bupati kemarin, bupati sudah mendeclare kita tidak jadi menambang disitu. Ini baru mendeclare, kedepannya ini akan kita arahkan untuk wisata alam," kata Fatah, Jum'at (9/6).

Fatah mengatakan, setelah memperhitungkan dampak lingkungan masyarakat, dan potensi wisata di kawasan bukit kukus yang rencananya akan ditambang oleh PT Lotus SG Harmonis ini kemungkinan tidak dilanjutkan.

"Dengan memperhitungkan dampaknya, sekarang ini bukit kukus melewati izin IUP eksplorasi, tapi untuk kajiannya lain belum Amdal nya belum, ULKUPL belum, hanya berhenti disitu," katanya.

Fatah menjelaskan beberapa kajian lingkungan dampak dari penambangan batu di bukit kukus ialah abrasi, banjir dan lainnya.

"Sampai disitu mulai dihitung lagi dampaknya untuk masyarakat dan lingkungan, apakah tidak akan menyebabkan abrasi, banjir," ujarnya.

Fatah mengatakan dirinya sudah memperkenalkan bukit kukus kepada tim geopark 81 ITB untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata wisata alam.

"Sekarang komitmen dari tim geoprak 81 ini mereka setelah lebaran akan melihat bersama kita ke bukit kukus," ujarnya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help