Unik, Pohon Kurma di Mesjid Bekasi Ini Selalu Berbuah di Bulan Ramadan

Panen buah kurma biasanya tidak pernah tepat di bulan Ramadhan, hanya berbuahnya selalu di bulan Ramadhan

Unik, Pohon Kurma di Mesjid Bekasi Ini Selalu Berbuah di Bulan Ramadan
Kompas.com
Pohon kurma berbuah di Masjid Al-Barkah di Jalan Veteran Kota Bekasi, Jumat (9/7/2017) 

BANGKAPOS.COM--Salah satu masjid di Kota Bekasi bernama Masjid Agung Al-Barkah di Jalan Veteran, adalah masjid bersejarah yang sudah ada sejak tahun 1980-an.

Seiring berjalannya waktu, masjid tersebut terus diperbaiki dan menjadi tempat beribadah masyarakat Kota Bekasi maupun dari luar Kota Bekasi.

Tidak hanya bangunan masjid yang megah dengan luas tanah total kurang lebih 7000 meter, terdapat pula taman masjid dengan luas 3000 meter.

Taman masjid pun dihiasi dengan beragam tanaman, termasuk tanaman buah yang nantinya bisa dipanen. Salah satu keunikannya adalah pohon kurma yang selalu berbuah di bulan Ramadhan.

Ilustrasi
Ilustrasi (net)

“Ini ada keberkahan sendiri di Masjid Al-Barkah, di tahun ini hanya ada satu pohon kurma yang berbuah di bulan Ramadhan. Tahun ini termasuk terlambat, karena buah kurma masih kecil,” ujar Dewan Kemakmuran Masjid Al-Barkah, Abdul Hadie kepada Kompas.com saat diwawancarai di Masjid Agung Al-Barkah Jalan Veteran Bekasi, Jumat (9/7/2017).

Abdul menjelaskan bahwa pada tahun 2010 ada empat pohon kurmayang berbunga dua bulan menjelang Ramadhan.

Dua diantaranya pun berbuah saat memasuki bulan Ramadhan. Untuk pohon kurma yang berbuah di bulan Ramadhan tahun ini diperkirakan baru akan panen menjelang Hari Raya Idul Adha.

"Panen buah kurma biasanya tidak pernah tepat di bulan Ramadhan, hanya berbuahnya selalu di bulan Ramadhan,” kata Abdul.

Saat ini di Masjid Al-Barkah ada 12 pohon kurma yang sudah ada diperkirakan sejak tahun 2005. Ia juga menjelaskan pohon kurma terdiri jenisnya ada yang jantan dan betina.

Namun yang baru diketahui di masjid tersebut ada tiga pohon kurmajantan dan empat yang betina.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help