BangkaPos/

Sujud Bisa Jadi Terapi Sakit Punggung dan Sendi

Di samping melaksanakan perintah Allah, postur dan gerakan sujud ternyata juga memiliki manfaat baik untuk punggung dan sendi.

Sujud Bisa Jadi Terapi Sakit Punggung dan Sendi
sumsel.kemenag.go.id/tribun-timur
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Dalam satu hari, sebanyak 1,6 miliar umat muslim di dunia melakukan shalat.

Menghadap ke arah kota suci Mekkah, Arab Saudi, mereka membungkuk, berlutut, dan meletakkan dahi ke tanah.

Namun, tahukah Anda bahwa di samping melaksanakan perintah Allah, postur dan gerakan ini ternyata juga memiliki manfaat baik untuk punggung dan sendi?

Baca: 7 Bahaya Ghibah, Hati Mengeras Hingga Memicu Perpecahan

Menurut riset dari Binghamton University, New York, gerakan sujud yang dilakukan secara tepat dan reguler tidak hanya mengurangi tekanan fisik dan kegelisahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai terapi klinis bagi individu dengan sakit punggung bawah.

“Gampangnya, Anda bisa berpikir bahwa gerakan ini mirip dengan latihan intervensi terapi fisik atau yoga yang digunakan untuk merawat sakit punggung bawah,” kata Mohammad Khasawneh, penulis studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Industrial and System Engineering tersebut.

Baca: Saking Tingginya Burj Khalifa Punya 3 Zona Waktu Puasa

Untuk menyelidiki manfaat kesehatan sujud, Khasawneh dan koleganya menganalisa statistik berdasarkan gerakan shalat dari model orang India, Asia, dan Amerika digital yang sehat.

Mereka lalu membandingkannya dengan model digital yang memiliki sakit punggung bawah.

Meski bagian membungkuk ditemukan paling sulit dilakukan oleh punggung bawah, ternyata penggunaan punggung dan lutut yang baik dapat mengurangi rasa sakit bagi individu dengan sakit punggung bawah.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help