Sebanyak 643 Peserta Lolos SBMPTN Masuk UBB

Dari hasil evaluasi penerimaan mahasiswa 2017 lebih banyak 200 orang dibanding tahun lalu mengingat terdapat tiga

Sebanyak 643 Peserta Lolos SBMPTN Masuk UBB
bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Ujian SBMPTN tahun 2017 di panlok 24 Pangkalpinang yang berlangsung di SMKN 2 Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM,BANGKA- Sebanyak 643 peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) diterima di Universitas Bangka Belitung.

Dari hasil evaluasi penerimaan mahasiswa 2017 lebih banyak 200 orang dibanding tahun lalu mengingat terdapat tiga program studi baru di UBB seperti Ilmu Kelauta, Kimia dan Fisika.

 Di jalur penerimaan SNMPTN sebelumnya, sebanyak 282 peserta diterima di UBB, persentase penerimaan mahasiswa dari SNMPTN sebesar 25 persen dari total mahasiswa UBB yang diterima tahun 2017 sebanyak 1.125 mahasiswa.

 Di jalur penerimaan kedua SBMPTN, UBB meraih rangking 59 kategori saintek dari 75 PTN se-Indonesia dengan nilai rata-rata 15,72. Sementara kategori soshum, UBB menempati rangking 55 daru 85 PTN yang memiliki prodi sushum dengan nilai rata-rata 16,68 persen. Keketatan penerimaan SBMPTN UBB terjadi pada prodi sosiologi, manajemen, ekonomi, akuntansi, sastra inggris, ilmu politik dan ilmu hukum.
 

 Ketua Panlok SBMPTN panitia lokal (panlok) 24 Pangkalpinang, Ismed Inonu bersama Ketua Panitia SBMPTN UBB Aksan Sanjaya menuturkan jumlah peserta yang diterima sebanyak 643 ini menduduki persentase kuota penerimaan mahasiswa UBB sebesar 57 persen.

Usai penerimaan jalur SBMPTN yang dimumkan hari ini, selasa (13/6) bagi peminat Universitas Bangka Belitung (UBB) yang belum berhasil di SBMPTN masih memiliki kesempatan untuk mengikuti jalur penerimaan mahasiswa ketiga di Seleksi Mandiri Masuk (SMM) PTN–Barat.

Pendaftaran SMM PTN-wilayah Barat ini sudah dibuka sejak 1-30 Juni 2017, sementara tes SMM PTB akan dilaksanakan 8 Juli 2017. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan 18 Juli 2017 pukul 14.00 WIB. Adapun prosedur pendaftaran SMM PTN-Barat 2017 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat dan didownload melalui websitewww.smmptnbarat.id.

 “Meskipun ini seleksi mandiri  masuk namun soalnya ujian di UBB sama dengan PTN lain. Kemungkinan dari jalur penerimaan ketiga ini persentase mahasiswa yang diteirma 18-20 persen. Kita akan lihat jumlah peserta yang daftar ulang di SBMPTN, kalau kurang dari target maka akan menambah persentase penerimaan mahasiswa di jalur SMM PTN,” jelas Ketua Panlok SBMPTN panitia lokal (panlok) 24 Pangkalpinang, Ismed Inonu didampingi Ketua Panitia SMM PTB UBB Edi Nurcahya.

 Ismed juga menjelaskan alasan penamaan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) PTN menggunakan keterangan wilayah Barat karena di jalur terakhir penerimaan mahasiswa ini, tes Seleksi Mandiri Masuk akan dilaksanakan serentak bersama 15 perguruan tinggi yang ada di bagian barat wilayah Indonesia seperti UNSYIAH, UNAND, UNJA, UNILA, UNIB, ISI Padang Panjang, UPR, UNIMAL, UNTIRTA, UMRAH, UTU, UIN Raden Fatah, ITERA, ISBI, UNSAM.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved