BangkaPos/

Ada 13 Anak di LPKA yang Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri Tahun Ini

Ketiga belas narapidana ini mendapat kesempatan masa potong tahanan karena dinilai berkelakuan baik selama berada di LPKA

Ada 13 Anak di LPKA yang Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri Tahun Ini
Bangkapos/Ardhina Trisila Sakti
Kepala lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Kota Pangkalpinang, Suyatno

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Sebanyak 13 orang dari 19 orang penghuni lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Kota Pangkalpinang akan mendapatkan remisi tahanan dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada 25 Juni 2017.

Ketiga belas narapidana ini mendapat kesempatan masa potong tahanan karena dinilai berkelakuan baik selama berada di LPKA.

Dari 13 anak yang dititipkan di LPKA, 4 orang anak mendapat remisi selama 1 bulan dan 9 anak mendapat remisi selama 15 hari.

Kepala lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) kelas II Kota Pangkalpinang, Suyatno menuturkan sembilan belas anak yang dititipkan dj LPKA dalam rentang usia 14-17 tahun semuanya laki-laki. Ada 18 anak narapidana dan 1 tahanan yang masih dalam tahap penyelidikan.

Dalam setahun terdapat tiga kali pemberian remisi tahanan yakni saat Hari Raya Idul Fitri, Hari Kemerdekaan RI, dan Hari Anak Nasional.

Syarat guna mendapat remisi berlaku bagi anak-anak yang sudah menjalani masa hukuman minimal selama 6 bulan.

"Kalau hukumannya di atas 6 bulan sampai 12 bulan maka akan mendapatkan remisi selama 15 hari. Sementara kalau sudah menjalani hukuman diatas 12 bulan akan mendapat remisi selama 1 bulan. Lama remisi ini juga berlaku untuk 17 Agustus dan Hari Anak," jelas Suyatno saat ditemui di Bangka Pos di Kementrian Hukum dan Ham RI Kantor wilayah Kepulauan Bangka Belitung lembaga pembinaan khusus anak kelas II Pangkalpinang Jalan Stania Pangkalpinang.

Sebanyak 19 anak yang berada di LKPA diketahui akibat kasus pencurian, pengeroyokan, penganiayaan, asusila (pemerkosaan) dan pembunuhan.(*)

Penulis: Dhina Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help