Ervawi Bangga, Prestasi Siswa SD/MI Bangka Untuk Nilai UN Luar Biasa

Tahun ini bila dibandingkan tahun sebelumnya kita memiliki sekolah terbaik se Bangka Belitung untuk SD nya. Dari 671 SD di seluruh

Ervawi Bangga, Prestasi Siswa SD/MI Bangka Untuk Nilai UN Luar Biasa
IST
Ervawi 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Ervawi menilai prestasi para siswa SD/MI pada tahun 2017 di Kabupaten Bangka sangat luar biasa.

Pasalnya sebanyak 61 siswa berhasil meraih nilai sempurna pada ujian nasional mata pelajaran IPA. Selain itu
nilai rata-rata ujian nasional siswa yang mendapat nilai tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil diraih oleh SDN 10 Sungailiat dan prestasi siswa di Kabupaten Bangka membanggakan karena berhasil meraih nilai tertinggi untuk ujian nasional se Babel diraih oleh Monica dari siswi SDN 22 Sungailiat.

"Tahun ini bila dibandingkan tahun sebelumnya kita memiliki sekolah terbaik se Bangka Belitung untuk SD nya. Dari 671 SD di seluruh Bangka Belitung SDN 10 Sungailiat berhasil meraih nilai rata-rata tertinggi. Sebanyak 61 siswa berhasil meraih nilai sempurna yakni nilai 100 untuk pelajaran IPA. Kita juga memiliki siswa terbaik yakni Monica dari SDN 22 Sungailiat artinya dari 23 ribuan siswa yang mengikuti ujian nasional se Bangka Belitung berhasil menjadi yang terbaik," ungkap Ervawi ketika mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Padli, Kamis (15/6/2017) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka.

Menurutnya, kepala dinas, kabid hingga kasinya sudah siap membuat program agar pihak sekolah konsisten dari segi pembelajarannya. Dia tidak ingin tahun-tahun berikutnya nilai sempurna yang diraih sebanyak 61 siswa ini hilang.

Oleh karena itu, pihaknya ingin mempertahankan prestasi tersebut bahkan bisa lebih ditingkatkan tahun yang akan datang.

"Kita akan menyusun program pembinaan ke sekolah-sekolah. Kita sebenarnya bertahap sudah mulai mengumpulkan kecamatan melakukan pembinaan dengan pihak kepala sekolah dan pengawas dan guru-guru nanti K3S-nya diaktifkan lagi dan gugus-gugus nya kita rancang programnya, artinya kontinyu jangan hanya menghadapi ujian untuk sekolah berstandar nasional saja anak-anak harus giat belajar," jelas Ervawi.

Dalam hal ini ia juga akan melibatkan para pengawas guna melakukan monitoring tidak hanya ujian untuk sekolah berstandar nasional saja tetapi juga sekolah unggulan.

Disamping itu pihaknya akan meningkatkan lomba lomba bidang seni, sains dan lainnya.

Ervawi juga berharap, kegiatan pembinaan ini tetap berlanjut dengabmelibatkan pihak-pihak yang berkompeten untuk mengadakan olimpiade sains dengan narasumber dari pihak luar, baik siswa maupun gurunya.

Diakuinya USBN ini merupakan acuan untuk berpijak agar siswa-siswa yang sudah berhasil ini jadi motivasi kedepan bagi siswa lainnya.

"Siswa berprestasi ini jadi motor penggerak sekolah-sekolah lain SDN 10 Sungailiat dan SDN 22 Sungailiat K3S-nya dan gugus-gugus kiat apa bisa memotivasi SD-SD yang lain. Pelajaran di sekolah-sekolah terbaik ini bisa menyebar ke semua kecamatan," ungkap Ervawi.

Untuk itu pembinaan yang mereka lakukan satu bulan satu kali ke sekolah-sekolah untuk gugus rutin yang dilakukan oleh kecamatan masing-masing gugus.

"Kita tidak ingin hanya nominasi di kota, kita ingin juga nominasi seluruh kecamatan di Kabupaten Bangka merata jika pintar di Kecamatan Sungailiat di kecamatan lain juga pintar," harap Ervawi.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help