Rusia Gali Lubang Sedalam 12 Kilometer, Disetop Setelah Terkuak Misteri Mengerikan

Perubahan temperatur meningkat secara tiba-tiba dan pada titik terdalamnya di kilometer ke-12, temperatur mencapai 180 celcius.

Rusia Gali Lubang Sedalam 12 Kilometer, Disetop Setelah Terkuak Misteri Mengerikan
scoopyfy.org
Inilah lubang terdalam di bumi yang pernah digali manusia. Lubang ini bermula dari proyek ambisius Rusia. Pada tahun 1970 Rusia membuat sebuah proyek sains untuk mengetahui seberapa dalam bumi bisa ditembus dengan cara melakukan pengeboran. Proyek ini berlokasi distrik Pechengsky, Kola, Rusia. Pengeboran dimulai pada tanggal 24 Mei dengan target awal mencapai kedalaman 15.000 meter. 

BANGKAPOS.COM - Lihat foto di bawah ini. Anda mungkin merasa tidak ada yang spesial dengan pemandangan dalam foto.

Namun, di bawah tutup besi yang berkarat tersebut adalah lubang buatan terdalam di bumi.

Dikenal dengan nama Kola Superdeep Borehole, lubang dengan diameter kurang dari 23 sentimeter di Murmansk, Rusia ini mencapai kedalaman 12 kilometer ke kerak bumi, sekitar dua kilometer lebih dalam dari Palung Mariana yang merupakan bagian terdalam dari lautan.

Baca: Bapak Bawa Kain Kafan Tantang Anak dan Menantu Sumpah Pocong

Kisah Kola Superdeep Borehole dimulai pada tahun 1960-an ketika Amerika Serikat dan Uni Soviet terlibat perang dingin dan berlomba-lomba dengan teknologi.

Walaupun yang lebih disorot adalah perlombaan ke luar angkasa, kedua negara tersebut juga bersaing untuk menggali lubang terdalam di dunia.

Proyek ambisius ilmuwan Rusia itu kini sudah ditutup. Lubang sedalam 12 km lebih itu ditutup dengan pipa besi, yang kini sudah karatan (net)
Proyek ambisius ilmuwan Rusia itu kini sudah ditutup. Lubang sedalam 12 km lebih itu ditutup dengan pipa besi, yang kini sudah karatan (net) 

Di Amerika Serikat, proyek pengeboran tersebut dilakukan di pesisir Pasifik Meksiko dengan nama Project Mohole.

Untuk pertama kalinya di dunia, tim peneliti AS berhasil menembus laut sedalam 3.600 meter dan terus mengebor hingga 183 meter di bawah dasar lautan.

Baca: Pria Ini 9 Tahun Dibiayai Jupe, Kini Ungkap Perilaku Sang Artis Semasa Hidup

Keberhasilan ini membuktikan bahwa pengeboran minyak di lautan dapat dilakukan.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved