Bayar Zakat dan Sedekah Terbukti Secara Ilmiah Bikin Hidup Bahagia

Perasaan bahagia yang muncul sewaktu kita memberi, ternyata berhubungan dengan peningkatan hormone Oxytocin.

Bayar Zakat dan Sedekah Terbukti Secara Ilmiah Bikin Hidup Bahagia
net
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Bersedekah ternyata membahagiakan. Kesimpulan ini terungkap dari penelitian Universitas California, Moll dkk (2006).

Penelitian dilakukan dengan memantau aktivasi otak sewaktu seseorang mendermakan hartanya berupa pemberian hadiah uang dan sumbangan.

Dari situ menemukan perbedaan yang bermakna dalam aktivitas saraf pada penyumbang, berupa peningkatan aktivitas area otak di mesolimbik, termasuk pada striatum dorsal dan ventral serta area tegmental ventral di otak.

Baca: Artis Cantik Ini Puasa dan Salat Diam-diam Agar tak Ketahuan Mualaf

Peningkatan aktivitas tersebut dimaknai sebagai suatu kondisi mental dan merasa lebih dihargai serta terjadi peningkatan empati.

Dalam penemuan ini, para dermawan atau donator memaknai sumbangannya sebagai suatu investasi yang tidak pernah merugi, tetapi sebuah investasi jangka panjang dan investasi sosial.

Investasi itu yang memberikan hasil senanitasa menguntungkan. Dalam interview para dermawan tersebut merasakan suatu aktivitas bahagia secara pribadi hingga aspek sosialnya.

Di sisi lain, perasaan bahagia yang muncul sewaktu kita memberi, ternyata berhubungan dengan peningkatan hormone Oxytocin yang terletak pada bagian belakang atau posterior kelenjar pituitary di otak.

Baca: Ibu Hamil Berjuang Melahirkan di Mobil Bak Terbuka

Kondisi ini mirip sewaktu seseorang mendengarkan lagu kesenangan. Oxytocin juga ternyata mempengaruhi setiap aspek kehidupan sosial dan ekonomi khususnya yang berhubungan dengan perasaan kedermawanan.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved