BangkaPos/

Mie Samyang Varian Rasa Lain Diduga Mengandung DNA Babi Masih Beredar

Puncak Mall yang berlokasi di Jalan Sriwijaya, Taman Sari Pangkalpinang tampak mendisplay belasan macam mi instan impor

Mie Samyang Varian Rasa Lain Diduga Mengandung DNA Babi Masih Beredar

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Berdasarkan pemantauan Bangka Pos pada beberapa pusat perbelanjaan di Pangkalpinang, Senin (19/6) keberadaan empat macam mi instan asal Korea yang positif mengandung fragmen DNA spesifik babi tak ditemukan.

Namun masih ada nama mi instan serupa dengan nomor makanan luar (ML) dan nama importir yang berbeda beredar di salah satu pusat perbelanjaan di Pangkalpinang tampak mendisplay belasan macam mi instan impor yang memiliki warna kemasan mencolok dan menarik.

Mi instan impor ini dipajang terpisah dari mi instan produksi lokal.  

Sebelumnya diketahui salah satu nama dagang mi instan yang ditarik BPOM karena mengandung DNA babi yakni Samyang dengan nama produk Mi Instan U-Dong dan Mi Instan Rasa Kimchi yang diimport dari perusahaan importir PT. Koin Bumi.

Dari pemantauan Bangka Pos, ditemukan nama dagang Samyang masih beredar di Puncak Mall namun dengan varian yang berbeda jenis Hot Chicken Ramen (Mie Goreng Pedas Rasa Ayam) yang diimpor oleh PT. Kornius dengan nomor pendaftaran BPOM RI ML 231509027167.

Dikonfirmasi Bangka Pos, Store Manager Puncak Mall Opal menuturkan bahwa mi instan impor yang terdisplay aman dikonsumsi. Sebabnya meski nama dagangnya sama namun nomor ML dan perusahaan importir berbeda dari daftar yang ditarik BPOM.

Dirinya pun mengaku dua kali menerima kedatangan BPOM Provinsi Bangka Belitung dalam rangka sosialisasi dan pengawasan.

“Baru hari ini pukul 10.00 WIB kami kedatangan BPOM yang kasih informasi kalau mi instan yang ada di sini aman karena tidak termasuk yang dilarang meski namanya sama,”ujar Opal saat ditemui Bangka Pos.

Sementara Kepala BPOM Babel, Rossy Hertati mengatakan usai ditemukan mi instan impor mengandung babi maka BPOM secara rutin akan melakukan pengawasan kepada mi instan impor jenis lain.

Halaman
12
Penulis: Dhina Sakti
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help