BangkaPos/

Nggak Penting! Gajah Mada Itu Islam atau Bukan

kesimpulan seperti itu tidak terlalu penting sebenarnya. Gajah Mada Islam atau tidak, itu tidak penting,"

Nggak Penting! Gajah Mada Itu Islam atau Bukan
NGELMU.ID
Meme Gadjah Mada seorang Muslim dan Kerajaan Majapahit merupakan Kesultanan Islam. 

BANGKAPOS.COM, YOGYAKARTA, - Wakil Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta Ashad Kusuma Djaya meminta semua pihak untuk tidak hanya melihat pada hasil akhir terkait kajian Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PDM mengenai Kerajaan Majapahit dan sang patihnya, Gajah Mada.

Ashad menekankan pentingnya suatu proses dalam hal ini pengkajian yang dilakukan LHKP. Menurut dia, segala proses intelektual harus dihargai.

"Bagi kita saat itu kesimpulan seperti itu tidak terlalu penting sebenarnya. Gajah Mada Islam atau tidak, itu tidak penting," ujar Ashad saat ditemui Kompas.com, Sabtu (17/06/2017) malam.

Dia menuturkan, anak muda tertarik untuk datang berdiskusi dan turut mengkaji karena adanya tawaran alternatif metodelogi.

Salah satu metode yang menarik adalah komunitas Herman Sinung Janutama sering datang ke pemakaman.

Mereka melakukan pengamatan dan penelitian, hingga mengetahui zaman saat nisan yang ada di suatu makam dibuat.

Herman Sinung Janutama, merupakan penulis buku "KesultananMajapahit" dan menjadi salah satu yang diundang dalam kegiatan diskusi LHKP.

Menurut Ashad, komunitas tersebut antara lain bisa mengidentifikasi bentuk-bentuk nisan, misalnya nisan pada zaman kerajaan Majapahit.

"Beliau membaca manuskrip misalnya babat apa, nah beliau tidak merujuk pada hasil yang sudah ada. Tetapi mendatangi sendiri tempat yang kira-kira disebutkan dalam manuskrip itu, kemudian mencari data, bertanya kepada masyarakat sekitar dan sebagainya," katanya.

Di dalam diskusi yang difasilitasi oleh LHKP saat itu lanjutnya, tidak hanya Herman yang menyampaikan pengkajian. Tetapi juga ada narasumber lain sebagai pembanding.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help