BangkaPos/

Inilah Hadiah Ramadan dari PLN untuk Pulau Nangka

Warga pulau Nangka, desa Tanjung Pura, kecamatan Sungai Selan kabupaten Bangka Tengah kini sudah dapat menikmati terangnya listrik

Inilah Hadiah Ramadan dari PLN untuk Pulau Nangka
Bangkapos/Khamelia
Acara peresmian transmisi pkp-koba dan pkp-kelapa dan listrik pintar Babel 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Warga pulau Nangka, Desa Tanjung Pura, Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah kini sudah dapat menikmati terangnya listrik dari PLN di malam hari.

Dengan mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) berkapasitas 2X100 kW milik PLN, cukup untuk menerangi rumah-rumah di desa tersebut.

Tak mudah bagi PLN untuk menerangi pulau berpenduduk 563 jiwa itu. Betapa tidak, pulau Nangka berada di Selat Bangka.

Untuk sampai ke sana petugas bersama dengan warga harus bergotong royong mengangkut material baik mesin maupun tiang listrik menggunakan kapal nelayan.

Setidaknya butuh waktu 45 menit Perjalanan laut dari dermaga terdekat, tanjung pura. Sebelumnya meterial diangkut selama 120 menit melalui darat dengan medan yang cukup terjal menuju dermaga.

Lebih dari itu, kondisi pasir di dermaga pulau nangka maupun tanjung pura begitu gembur. Sehingga menyulitkan kaki melangkah di atasnya karena tersedot masuk ke dalam pasir.

Untuk dapat melewatinya, dianjurkan mengenakan celana pendek dan melepaskan alas kaki yang dikenakan. Tujuannya agar langkah menjadi lebih ringan dan alas kaki tidak tertinggal di dalam pasir.

Namun berkat gotong royong bersama warga, dengan bermodalkan papan sebagai alas peluncur, tali untuk menarik, dan satu batang kayu sebagai pengungkit, dua buah mesin PLTD dengan berat masing-masing 800kg, dan sebanyak 53 batang tiang listrik berhasil diangkut ke pulau yang mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai nelayan tersebut.

Panjang jaringan saluran udara tegangan rendah (SUTR) yang terpasang di pulau ini sepanjang 2.385 meter.

Halaman
12
Penulis: khamelia
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help