Bayar Zakat Dua Atau Tiga Hari Sebelum Lebaran, Agar Orang Miskin Punya Makanan Saat Lebaran

Sebetulnya untuk waktu bayar zakat selama bulan ramadhan ini sudah boleh, baik di awal romadhan, pertengahan ataupun di malam idul fitri

Bayar Zakat Dua Atau Tiga Hari Sebelum Lebaran, Agar Orang Miskin Punya Makanan Saat Lebaran
Bangkapos/khamelia
Seorang muzakki didampingi Ustadz Muhammad Zen yang juga penasihat masjid Al Khosyiun berdoa usai melafazkan niat saat membayarkan zakat fitrah, Rabu (21/6). 

Laporan wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Setiap muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah berupa 2,5 kilogram beras setiap jiwanya. Substansi zakat fitrah agar orang-orang miskin memiliki makanan saat lebaran.

Oleh karena itu pembayaran zakat fitrah lebih afdol dilakukan dua atau tiga hari jelang lebaran agar panitia zakat bisa segera mendistribusikan besar terbesar kepada mustahiq (orang yang berhak menerima zakat).

"Sebetulnya untuk waktu bayar zakat selama bulan ramadhan ini sudah boleh, baik di awal romadhan, pertengahan ataupun di malam idul fitri, namun akan lebih baik lagi jika dibayarkan dua atau tiga hari sebelum penutup ramadhan agar panitia bisa langsung menyerahkan beras tersebut kepada mustahiq. Karena kasihan kan mereka juga mau bikin ketupat, jadi saat lebaran mereka punya makanan," jelas pengurus Masjid Al Khosyiun, H. Al Mas'ud kepada bangkapos.com, Rabu (21/6).

Mas'ud menuturkan seperti tahun-tahun sebelumnya kebanyakan orang yang membayar zakat (muzakki) pada malam takbiran. Bahkan ada yang antre untuk bayar zakat.

Untuk di Masjid Al Khosyiun sendiri Mas'ud menyebutkan hingga H-4 lebaran sudah banyak muzakki yang sudah membayarkan zakatnya.

"Alhamdulillah, beras yang terkumpul sudah mencapai 337,5 kg," katanya.

Ia menyebutkan besaran zakat fitrah terdiri dari 2,5 kg beras atau senilai Rp30.000 untuk satu orang. Untuk memudahkan para muzakki masjid Al Khosyiun sudah menyiapkan beras untuk ditukarkan dengan uang.

"Ada beras kami terima, kalau tidak sempat beli berasnya silahkan serahkan uangnya untuk kemudian ditukarkan dengan beras yang memang sudah kita siapkan, uang hanya perantara, sebab zakat fitrah ini wajibnya adalah beras," jelas Mas'ud.(*)

Penulis: khamelia
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help