BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Relawan TIK Siap Bantu Mewujudkan Masyarakat Informatif

Keberadaan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat diharapkan bisa memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat.

Relawan TIK Siap Bantu Mewujudkan Masyarakat Informatif
IST
Kegiatan silahturahmi dan buka puasa bersama Relawan TIK dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka di Rumah Panggung Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keberadaan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat diharapkan bisa memberikan kontribusi yang besar kepada masyarakat.

"Kita berdiri semenjak tahun kemarin, dan beranggotakan sekarang ini sekitar sepuluh orang," ungkap Ketua Relawan TIK Kabupaten Bangka, Noviansyah, Selasa (20/6/17) dalam kegiatan silahturahmi dan buka puasa bersama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka di Rumah Panggung Sungailiat.

Noviansyah mengungkapkan Relawan TIK ini mempunyai latar belakang yang berbeda, ada yang teknik, IT, hukum dan lainnya dengan mempunyai hobi dalam bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi ini.

"Relawan TIK ini diharapkan mampu mengawal, mendampingi dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bantuan pemerintah, seperti rumah pintar, desa pintar, desa berdering dan sebagainya," ungkap Noviansyah.

Menurut Noviansyah lagi, relawan TIK juga diharapkan mampu membentuk satuan tugas yang bersikap siaga, sigap dan tanggap dalam melakukan koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama dengan berbagai pihak di berbagai daerah dalam situasi darurat, bencana dan krisis, guna memulihkan infrastruktur dan pemanfaatan TIK.

"Relawan TIK harus mampu berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang informatif," jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bangka melalui Kabid E-Gov, Decky Friandy mengatakan sangat mendukung TIK ini sehingga masyarakat terbantu terutama dengan penggunaan TIK ini memasarkan produknya secara online.

"Di Bangka ini telah banyak UMKMnya, namun pemasaran produknya masih kebanyakan masih manual dan belum online, padahal dengan TIK, bisa lebih membantu UMKM untuk memasarkan produknya, nanti insyaallah bisa bersinergi dengan DinKominfotik Bangka dan kita sangat support sekali untuk kemajuan TIK ini, bersinergi antara Pemkab Bangka dengan Relawan TIK ini nanti, bisa kerjasama pastinya yang dapat memberikan kontribusi positif untuk Kabupaten Bangka," ungkap Decky.

Sementara itu Suryani selaku pembina Relawan TIK Kabupaten Bangka mengatakan untuk memfasilitasi berdirinya relawan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tahun 2010 telah merintis pertemuan regional barat di Kota Pangkalpinang provinsi Kepulauan Bangka Belitung danpertemuan regioanl tengah dan timur di Kota Makassar Sulawesi Selatan yang dihadiri oleh akademisi, pejabat atau pegawai pemerintah, swasta dan berbagai elemen masyarakat.

"Hasil kedua pertemuan tersebut dimatangkan di Kota Surabaya dan dibawa ke Forum Komunikasi, Kolaborasi, dan Kerjasama Komunitas TIK tingkat nasional di Bogor tahun 2011," jelasnya.

Untuk itu lanjut Suryani, TIK diharapkan mampu menjadi salah satu plaform untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat, seperti edukasi, sosialisasi dan advokasi dalam mengenalkan pemanfaatan dan pembelajaran serta penguasaan keterampilan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pengembangan ekonomi informasi berbasis pengetahuan sebagai gerakan preventif untuk mencegah terjadinya atau mengurangi kesenjangan digital.

"Relawan TIK Kabupaten Bangka ini, siap mengawal, mendampingi dan melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bantuan pemerintah dalam TIK ini, membantu masyarakat supaya melek informatika," tukasnya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help