BangkaPos/

182 Ribu Pelanggan PLN Babel Daya 900 VA Tak Berhak Dapat Subsidi

Yang ada saat ini adalah penyesuaian subsidi pelanggan 900 VA oleh pemerintah yang sebelumnya diterima

182 Ribu Pelanggan PLN Babel Daya 900 VA Tak Berhak Dapat Subsidi
bangkapos.com/Riki Pratama
Humas PLN wilayah Babel Agus Yuswanta 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PLN Bangka Belitung menegaskan bahwa tidak ada kenaikan tarif listrik untuk pelanggan PLN.

Yang ada saat ini adalah penyesuaian subsidi pelanggan 900 VA oleh pemerintah yang sebelumnya diterima oleh pelanggan 900 VA yang mampu.

“Selama ini banyak masyarakat yang tidak berhak mendapatkan subsidi listrik, namun mendapatkan subsidi," kata Deputi Humas dan Hukum PLN Babel, Agus Yuswanta saat menggelar konferensi pers, Rabu (21/6).

Ia menyebutkan, berdasarkan data, di Bangka Belitung terdapat sekitar 211 ribu pelanggan daya 900 VA.

Setelah dilakukan pencocokan data dengan TNP2K, hanya sekitar 28 ribu pelanggan yang dikategorikan miskin dan pra miskin, sehingga layak disubsidi.

"Itu berarti ada sekitar 182 ribu pelanggan yang tidak berhak mendapatkan subsidi," kata Agus.

Sementara lanjutnya pelanggan tidak mampu daya 450 VA tetap mendapat subsidi dan tarif listriknya tetap, tidak mengalami penyesuaian. Pelanggan kategori ini jumlahnya sekitar 38 ribu di Bangka Belitung.

“Jadi tidak ada tidak ada kenaikan tarif listrik bagi sekitar 66 ribu pelanggan tidak mampu di Bangka Belitung, yang terdiri dari 28 ribu planggan daya 900 VA dan 38 ribu pelanggan daya 450 VA," tukasnya.

PLN telah membentuk Tim Penanganan Pengaduan Posko Pusat Dalam Rangka Pelaksanaan Subsidi Listrik Tepat Sasaran (Posko Pengaduan Pusat), untuk mendukung pelaksanaan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran rumah tangga 900 VA.

Posko Pengaduan Pusat ditempatkan di kantor Dirjen Ketenagalistrikan, dan bertugas menindaklanjuti penanganan pengaduan masyarakat terkait penerapan subsidi listrik tepat sasaran rumah tangga 900 VA.

“Pelanggan PLN Babel yang tergolong tidak mampu namun terkena kebijakan subsidi listrik tepat sasasaran ini dapat mengadukan ke kantor desa/kelurahan setempat. Saat ini di Babel, kami menerima 446 pengaduan dan 143 diantaranya berhak mendapat subsidi dan sudah masuk kembali sebagai pelanggan yang disubsidi”

Dana subsidi yang tidak tepat tersebut selanjutnya dialihkan untuk membangun desa-desa yang belum berlistrik.

Saat ini, PLN Bangka Belitung telah berhasil melistriki seluruh desa yang ada di Bangka belitung. Selanjutnya, kami akan melistriki dusun dan pulau pada tahun 2017 ini.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help