Ini 4 Cara Pulihkan Retaknya Tali Silaturahim Saat Lebaran

masih ada harapan untuk merekatkan kembali tali silaturahim yang retak. Momen Lebaran menjadi momen yang tepat

Ini 4 Cara Pulihkan Retaknya Tali Silaturahim Saat Lebaran
josstoday
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Tak ada gading yang tak retak. Seperti itulah hubungan kekeluargaan maupun persahabatan dapat renggang kapan pun.

Penyebabnya bisa beraneka ragam, kesalahpahaman kecil pun bisa merenggangkan relasi.

Sebetulnya, masih ada harapan untuk merekatkan kembali tali silaturahim yang retak. Momen Lebaran menjadi momen yang tepat untuk memulihkan hubungan.

Seperti dikutip dari bustle.com, berikut beberapa cara praktis untuk memperbaiki hubungan yang retak dengan keluarga atau sahabat.

1. Mulailah kembali dengan percakapan ringan

Jika Anda dan kerabat tak saling berbicara dalam jangka waktu tertentu, ada kiat untuk memecahkan kebekuan itu tanpa menjadi canggung.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberitahu kerabat Anda bahwa inilah saatnya untuk melupakan segala kenangan buruk di masa lalu.

Beri tahu kerabat Anda, "Saya tahu sudah sekian lama sejak kita terakhir berbincang," atau "Saya meminta maaf atas segala kesalahan yang mungkin diperbuat di masa lalu."

Tak masalah apabila Anda yang mengakui kesalahan, meskipun mungkin bukan Anda yang menjadi penyebab keretakan hubungan itu. Beranilah untuk bertindak lebih dahulu, terlebih dalam momen yang indah seperti Idul Fitri ini.

2. Tataplah masa depan

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved