Hotel di Babel Kebanjiran Tamu Saat Momen Liburan

Bambang Patijaya mengatakan penuhnya tingkat hunian hotel dan resort lumrah terjadi di momen libur lebaran bertepatan

Hotel di Babel Kebanjiran Tamu Saat Momen Liburan
Bangkapos/Agus Nuryadhyn
Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Momen liburan Hari Raya Idul Fitri yang bertepatan dengan libur sekolah membuat hotel-hotel di Pangkalpinang terpantau dipenuhi oleh wisatawan nusantara.

Seperti yang dialami Hotel Santika Bangka,dikatakan Executive Secretary Hotel Santika Bangka, Mitha Kartika menuturkan mulai 23-29 Juni 2017 tingkat hunian mencapai 90 persen dari total 122 kamar yang tersedia. Tamu hotel didominasi oleh wisatawan nusantara dari luar Pulau Bangka.

"Dibanding puasa kemarin occupancy (tingkat hunian) antara 40-60 persen. Momen lebaran ini alhamdulilah full, Tamu didominasi dari luar Bangka yang ingin berwisata ke Bangka dan lanjut ke Belitung. Ada juga para pemudik yang menginap di hotel. Segmennya sebagian besar keluarga," ujar Mitha kepada Bangka Pos, Rabu (28/6).

Senada meningkatnya jumlah tamu hotel juga dirasakan Bangka City Hotel yang berlokasi di Jalan Alexander (dekat Citraland Botanical City) Pangkalpinang.

CEO Bangka City Hotel, Sumiati menuturkan peningkatan jumlah wisatawan ini karena turut bertepatan dengan libur sekolah.

Rata-rata tamu yang menginap di Bangka City Hotel berasal dari pelancong Palembang dan Jakarta yang menginap selama 3-4 hari.

"Kalau dibanding tahun kemarin ada penurunan pada saat momen lebaran pertama. Karna tahun kemarin kamar kita (Bangka City Hotel) full sampai 3 hari. Saat ini pos momen lebaran pertama occupancy kita hanya 75 persen. Kebalikannya momen setelah lebaran baru full mulai 27 Juni 2017,"jelas Sumiati.

Menurut Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Bambang Patijaya mengatakan penuhnya tingkat hunian hotel dan resort lumrah terjadi di momen libur lebaran bertepatan hari libur sekolah.

Hingga saat ini, menurut Bambang wisatawan di Bangka Belitung masih didominasi wisatawan nusantara sebesar 95 persen sementara sisanya merupakan wisatawan mancanegara.

"Memanfaatkan cuti bersama dan libur sekolah biasanya orang akan tergerak untuk bepelesir. Tentunya kalau wisatawan tergantung segmentasi, ada yang menyenangi resort karna saat datang sudah cukup bermain di satu tempat dekat pantai. Namun ada pula wisatawan yang tinggal di hotel karena menggunakan biro perjalanan wisata,"jelas Bambang saat dihubungi Bangka Pos.

Bambang berharap wisatawan mancanegara semakin tertarik bertandang ke Bangka Belitung mengingat wisatawan dari luar negeri ini biasanya akan menginap lebih lama dan berpotensi menghabiskan uang lebih banyak di tempat wisata sehingga berpengaruh positif terhadap perekonomian Bangka Belitung.

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help