Mgr Adrianus Sunarko OFM Dinobatkan Sebagai Uskup Baru Keuskupan Pangkalpinang

Tentu ini kegembiraan seluruh umat Khatolik Pangkalpinang, karena yang menentukan ini dari Roma jadi tidak sembarangan memilih

Mgr Adrianus Sunarko OFM Dinobatkan Sebagai Uskup Baru Keuskupan Pangkalpinang
Istimewa
Mgr Adrianus Sunarko OFM

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Umat Khatolik Keuskupan Pangkalpinang meliputi Provinsi Bangka Belitung dan Kepulauan Riau akhirnya memiliki Uskup definitif yakni Mgr Adrianus Sunarko OFM sebagai Uskup Keuskupan Pangkalpinang.

Pengumuman ini disampaikan dari Vatikan Roma oleh Paus Fransiskus pukul 12.00 waktu setempat dan diumumkan pukul 17.00 WIB, Rabu (28/6).

Komisi Hubungan Antar Agama dan Dewan Konsultores Keuskupan Pangkalpinang, Pastor Pramodo menuturkan terpilihnya Uskup baru pengganti Mgr Hilarius Moa Nurak yang telah meninggal merupakan kabar gembira bagi umat Khatolik keuskupan Pangkalpinang.

Sebabnya doa terpilihnya Uskup baru ini rajin dipanjatkan selama satu tahun oleh umat Khatolik.

Selain itu rentang waktu terpilihnya uskup baru dari Vatikan Roma selama satu tahun terbilang cepat mengingat pengalaman pemilihan uskup di beberapa daerah dapat memakan waktu hingga tiga tahun.

"Tentu ini kegembiraan seluruh umat Khatolik Pangkalpinang, karena yang menentukan ini dari Roma jadi tidak sembarangan memilih. Dengan latar belakang dosen pembimbing calon imam di Jakarta semoga memberikan kontribusi positif dan memberi nuansa baru," harap Pastor Pramodo saat dihubungi Bangka Pos, Rabu (28/6).

Saat ini, Mgr. Adrianus Sunarko OFM masih menjabat Minister Provinsial untuk Ordo Saudara Hina Dina (OFM) Provinsi Indonesia.

Ia juga menjadi dosen tetap untuk matakuliah teologi di STF Driyarkarya Jakarta.

Mgr. Adrianus Sunarko OFM adalah putera kelahiran Sedayu, DIY. Ia mempunyai saudara kandung yang juga seorang pastor yakni Romo Laurentius Sutadi Pr -imam diosesan Keuskupan Ketapang-yang sehari-hari menjabat Vikjen Keuskupan Ketapang.

"Uskup baru ini latar belakang suku Jawa yang lahir di tanah timur (Marauke). Di Bangka Belitung, beliau akan berhadapan dengan tanah orang Melayu, masuk ke peradaban Kebhinekaan. Maka Keuskupan berharap agar dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah setempat,"tambahnya.

Mgr. Adrianus Sunarko OFM tercatat akan menjadi uskup ketiga di Keuskupan Pangkalpinang.

Pelantikan Uskup ini akan dilakukan paling cepat seratus hari dan paling lambat selama tiga bulan.

Dalam persiapanya, Keuskupan Pangkalpinang akan membentuk kepanitian acara pelantikan mengingat jumlah umat Khatolik yang hadir diprediksikan mencapai 15.000 orang dari umat di Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

"Kepanitian ini akan memikirkan tempat dan sisi keamanan karena akan dihadiri oleh Uskup hampir dari seluruh Indonesia, Duta Besar dari Vatikan. Pelantikan ini bukan acara gereja saja, tapi juga acara Provinsi,"tutup Pastor Promodo.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved