Musim atau Tidak, Harga Selangat Tangkapan Nelayan Desa Ini Tetap Tinggi

Harga ikan Selangat Pusuk Teluk Kelabat paling tinggi, jika dibandingkan ikan yang sama tetapi berasal dari laut daerah lain di Bangka.

Musim atau Tidak, Harga Selangat Tangkapan Nelayan Desa Ini Tetap Tinggi
Bangkapos.com/Riyadi
Ikan Selangat hasil tangkapan nelayan Pusuk. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Harga ikan Selangat Pusuk Teluk Kelabat paling tinggi, jika  dibandingkan ikan yang sama tetapi berasal dari laut daerah lain di Bangka.

Sebelum Ramadan hingga usai lebaran ini, harga ikan Selangat Pusuk rata-rata Rp 60 ribu per kilogram.

Warga Belinyu, Diki menyebutkan, ikan yang dikenal banyak tulang kecil ini mahal tapi tetap diminati orang.

"Kalau selangat dari daerah lain, harganya jauh lebih rendah, bedanya kalau selangat Pusuk Teluk Kelabat tulangnya lembut, dagingnya apa lagi, rasanya lemek (lemak), kalau selangat dari laut lainnya, harga lebih murah biasanya Rp 15-20 ribu sekilo, kalau selangat Pusuk Teluk Kelabat rata-rata Rp 60 ribu per kilo," kata Diki kepada bangkapos.com, Sabtu (1/7/2017).

Warga lainnya, Billy menuturkan, selain rasanya lebih nyaman, biasanya ikan apapun yang dari Teluk Kelabat, kalau dijual masih dalam kondisi segar, belum kena es.

"Apalagi ikan untus, kire-kire dan ikan pari, sama lezatnya, daging lembut, pokoknya lain dari yang lain," kata Billy.

Tengkulak Ikan dari Desa Pusuk Mang Di mengungkapkan, berapapun bawa ikan selangat ke daerah Belinyu, umumnya selalu habis dengan cepat.

"Bagi orang daerah Belinyu seperti di Lumut, namanya ikan selangat, istilahnya memang sudah ditunggu, ikan lain yang sama-sama laku dan banyak ditunggu orang yaitu untus, kire-kire dan pari, kalau harga selagat Pusuk rata-rata Rp 60 ribu per kilo," ungkap Mang Di.

Penulis: riyadi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help