Teroris Incar Markas Militer Bukit Barisan Mau Rebut Senjata

Tujuan teroris ini adalah merebut senjata yang ada di markas-markas polisi dan tentara.

Teroris Incar Markas Militer Bukit Barisan Mau Rebut Senjata
HO/Polda Sumut/Mustaqim Indra Jaya
Terduga terois menyerang pos II penjagaan Markas Polda Sumatera Utara di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Minggu (25/6/2017) dinihari. Penyerangan beberapa jam menjelang salat Id di Medan dan sekitarnya. Seorang pelaku, duga Ardi, tewas ditembak polisi. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Tersangka teroris, yang menyerang Mapolda Sumut di Medan, Syawaludin Pakpahan (43) dan kelompoknya, mengincar tiga markas polisi dan tiga markas tentara sebagai sasaran aksi teror.

Tujuan mereka adalah merebut senjata yang ada di markas-markas tersebut.

Detail lokasi yang diincar Syawaluddin Pakpahan (SP) dan kelompoknya tersebut diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Penmas) Polri Brigjen Rikwanto.

Baca: 2 Personel Polri Korban Penyerangan Jalani Operasi, Begini Kondisinya Sekarang

Fakta tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan sementara terhadap SP dan dua anggota kelompoknya, yakni Firmansyah Putra Yudi (FPY), dan Hendri Pratama (HP) alias Boboy.

Lokasi-lokasi yang disurvei SP dan kelompoknya, seluruhnya berada di Kota Medan dan sekitarnya.

Rinciannya adalah Markas Polda Sumatera Utara, Markas Komando Brimob Polda Sumut, Markas Polsek Tanjungmorawa, Markas Kodam Bukit Barisan, Markas Yon Zipur, dan Kompleks Asia Megamas Medan.

"Tujuan dari seluruh aksi penyerangan di kantor polisi dan TNI adalah membunuh dan merampas senjata api petugas," ungkap Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/6/2017).

Baca: Pria Ini Teriak Thogut Lalu Tikam Brimob di Masjid Dekat Mabes Polri

Hanya Kompleks Asia Megamas Medan, yang mereka incar bukan karena alasan merebut senjata api. Kompleks tersebut dipetakan karena SP dan kelompoknya mengincar warga keturunan Tionghoa. "Kelompok ini adalah simpatisan JAD (Jamaah Anshar Daulah)," ujar Rikwanto.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help