BangkaPos/

Pemprov Babel Siapkan Lahan 40 Hektar Untuk Bangun TPA dan Pengelolaan Energi

Saya yakin ini akan terselesaikan 2018, tetap TPA sudah bisa dipindahkan, TPA yang lama ini, nanti terserah

Pemprov Babel Siapkan Lahan 40 Hektar Untuk Bangun TPA dan Pengelolaan Energi
erzaldi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Provinsi menyiapkan lahan seluas 40 Hektar di desa Jelutung Bangka Tengah sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Selain berfungsi sebagai TPA, lahan ini juga akan difungsikan untuk mengelola sampah menjadi energi terbarukan.

"TPA kurang lebih sekitar 40 hektar, bangunnya bukan seperti yang sekarang, nanti langsung kita pergunakan untuk mendapatkan energi terbarukan. Sampah ini akan diolah sebagai energi dengan sistem pembakaran," kata Gubenur Babel, Erzladi Rosman Djohan beberapa waktu lalu.

Dijelaskannya, energi terbarukan dari hasil pengolahan sampah ini diperkirakan bisa mencapai 1-1,5 MG, yang nantinya akan dijual ke PLN.

"Mereka lagi ada kemungkinan daerah yang lain, intinya mereka mencari yang deket dengan SUB sekalipun nanti hasilnya kurang lebih 1 atau 1,5 MG. Untuk energi terbarukan ini nanti PLN yang harus membeli," ujarnya.

Erzaldi mengatakan, ini akan dikerjakan oleh investor. Menurutnya, ia sudah menginstruksikan Bupati Bangka Tengah dan Walikota Pangkalpinang untuk memperhitungkan hal ini.

"Belum mulai pembangunannya, tapi orang yang membangunnya sedang mengurus Amdal dan DED, ini swasta yang akan bangun," ujarnya.

Ia menargetkan, pembangunan TPA ini akan selesai pada 2018 mendatang. Disinggung terkait TPA lama yang sudah melebihi kapasitas, menurutnya ini dikembalikan ke daerah.

"Saya yakin ini akan terselesaikan 2018, tetap TPA sudah bisa dipindahkan, TPA yang lama ini, nanti terserah nanti Pangkalpinang mau jadi apa," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help