Langsung Gosok Gigi Sehabis Makan Bisa Berakibat Fatal

Jangan langsung menyikat gigi sehabis makan, tunggulah sampai lewat masa genting sesudah makan, yaitu sekitar ½ jam sesudah makan.

Langsung Gosok Gigi Sehabis Makan Bisa Berakibat Fatal
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - “Bangun tidur 'ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi kutolong ibu...”

Demikianlah penggalan lagu anak-anak yang masih sering dinyanyikan sampai sekarang, bahkan mungkin sampai masa mendatang.

Mungkin lagu ini sangat besar pengaruhnya pada anak-anak untuk membiasakan diri menggosok gigi ketika mandi pagi atau sore.

Kebiasaan tersebut tentu baik sekali untuk memelihara kesehatan gigi.

Baca: Makam Gadis Baru Meninggal Terbongkar, Kain Kafannya Terbuka Lebar

Sayangnya, upaya pemeliharaan gigi ini kadang dibingungkan oleh berbagai informasi dari media massa, guru, orang tua, bahkan dokter gigi.

Sering dikatakan, untuk menjaga kesehatan gigi khususnya agar gigi tidak berlubang, kita harus selalu menyikat gigi setelah makan, minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan setelah makan malam atau sebelum tidur.

Mana yang benar?

Sebenarnya, gigi kita selalu diselaputi oleh semacam selaput tipis akibat rongga mulut tidak pernah kering dari liur. Selaput ini menjadi media subur bagi tumbuhnya berbagai kuman.

Ketika pertama kali Antonie van Leewenhoek melaporkan penelitiannya tentang selaput ini pada abad ke-17, mereka menyebutnya sebagai material alba yang dilukiskan sebagai selaput tipis yang mengandung berbagai bakteri berjumlah besar.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved