Penumpang Heli Basarnas Melambaikan Tangan Sebelum Jatuh

Warga mengaku melihat penumpang heli melambaikan tangan sesaat sebelum jatuh di Bukit Muntung, Gunung Butak.

Penumpang Heli Basarnas Melambaikan Tangan Sebelum Jatuh
Istimewa
Anggota gabungan mengevakuasi korban helikopter Basarnas HR 3602 yang jatuh di Bukit Muntung, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Minggu (2/7/2017). 

BANGKAPOS.COM, SEMARANG - Warga Dusun Bulu, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, mengaku melihat penumpang heli melambaikan tangan sesaat sebelum jatuh di Bukit Muntung, Gunung Butak, Dusun Bulu, Minggu (2/7/2017) sore.

Warga yang mengaku bernama Ahmad itu mengatakan, saat itu, heli terbang rendah sekitar 15 meter dari atas masjid desa setempat, sekitar pukul 16.00 WIB.

"Saya lihat ada penumpang heli yang lambaikan tangan," kata Ahmad, Minggu (2/7/2017) malam.

Selanjutnya, Ahmad melihat heli belok ke arah barat. Sekitar 10 menit kemudian, terdengar ledakan.

Bersama warga, Ahmad kemudian mendatangi lokasi jatuhnya heli tersebut. Butuh waktu lama untuk sampai ke lokasi karena medannya yang merupakan perbukitan. Sekitar pukul 17.15 WIB, warga baru sampai lokasi heli jatuh.

"Sampai di lokasi mereka sudah meninggal semua sepertinya," ujarnya.

Heli Basarnas yang jatuh di Bukit Muntung, Gunung Butak, Dusun Canggal Bulu, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Temanggung, diketahui berisi sembilan penumpang termasuk pilot dan co pilot. Terdiri atas 5 anggota Basarnas Jateng dan 4 orang dari kru pesawat.

Kapolda Jawa Tengah, Irjend Pol Condo Kirono mengatakan, sembilan penumpang ditemukan meninggal di lokasi kejadian.

"Lima jenazah sudah dievakuasi dari lokasi kejadian dan tiga jenazah diantaranya sudah dievakuasi ke RSUD Temanggung," kata Condro dalam jumpa pers di Posko Evakuasi di Dusun Canggal Tengah, Desa Canggal, Candiroto, Minggu (2/7/2017).

Sedangkan empat jenazah lainnya masih di lokasi heli jatuh. Saat ini, tim gabungan masih melakukan evakuasi seluruh korban yang berada di lokasi.

"Korban yang sudah di RSUD Temanggung langsung ditangani Kabid Dokkes Polda Jateng. Sebelum fajar diharapkan semua jenazah sudah terevakuasi," ucapnya. 

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help