BangkaPos/

Gara-gara Telkomsel, Dompetku-pun Kini Digital

KINI gaya hidup digital makin mewarnai aktivitas masyarakat di Indonesia. Masyarakat inginnya semua digital, dari mulai kebutuhan informasi sampai ..

Gara-gara Telkomsel, Dompetku-pun Kini Digital
internet
ilustrasi 

Oleh: Dodi Hendriyanto

Wartawan Bangka Pos Group

KINI gaya hidup digital makin mewarnai aktivitas  masyarakat di Indonesia. Masyarakat inginnya semua digital, dari mulai kebutuhan informasi sampai kebutuhan perut semuanya ingin dilayani secara digital. Konsekuensi dalam kehidupan digital, semua menjadi tanpa batas dan instan.

Adalah Telkomsel yang berani menghidangkan kreativitas digital hingga menjadi satu komunitas dan berkembang menjadi suatu ekosistem. Produk-produk digitalpun dihidangkan secara sempurna oleh operator terkemuka di Indonesia ini.

Secara gradual Telkomsel berinovasi dan terus berakrobat meracik produk digital. Bahkan, ketika mencanangkan bahwa pada satu titik hendak menghidangkan layanan terkonvergensi yang dinamakan ekosistem digital tersebut, operator paling Indonesia ini mempersiapkan secara matang.  Di satu sisi menyesuaikan dengan kondisi Tanah Air, namun di lain  hal terus berupaya maksimal menyetarakan dengan perkembangan kemajuan digitalisasi dengan dunia luar.

Hingga 72 tahun Indonesia merdeka, Telkomsel sudah membuka akses telekomunikasi dari Sabang sampai Merauke. Telkomsel memegang teguh semangat nasionalisme itu. Ketersediaan layanan telekomunikasi di segala penjuru negeri hingga ke pelosok negeri telah mengisi ragam sendi kehidupan masyarakat di segala bidang seperti sosial, lingkungan, gaya hidup, ekonomi, pendidikan dan teknologi.

Dewasa ini, kebutuhan akan telepon seluler dalam kehidupan sehari-hari memang tak dapat dielakkan. Telepon seluler telah mengambil posisi penting bagi setiap orang di seluruh pelosok dunia, bukan hanya sebagai alat komunikasi, namun juga menjadi media untuk mendapatkan informasi, berkreasi, hingga bertransaksi.

Peningkatan pendapatan kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu faktor semakin konsumtifnya masyarakat, termasuk untuk produk telekomunikasi yang paling mutakhir. Sepanjang sejarah perkembangan sektor telekomunikasi di Indonesia, terus terjadi pergeseran dan perubahan kebutuhan maupun selera masyarakat terhadap pilihan ponsel. Hal ini ditunjang pula oleh harga smartphone yang semakin terjangkau.

Pengguna ponsel di Indonesia tanpa sadar sudah memasuki gaya hidup layanan bergerak atau mobile lifestyle dalam dua tahun terakhir ini. Gaya hidup itu di antaranya adalah pengalaman untuk melakukan transaksi belanja, pembayaran tagihan tanpa uang tunai. Bahkan hingga fasilitas pengiriman atau jasa remitansi menggunakan fasilitas seluler.

Kini gaya hidup transaksi terus ditingkatkan Telkomsel dengan meluncurkan layanan mobile wallet Telkomsel Cash(T-Cash) pada 2007. Fasilitas serupa dikembangkan Indosat dengan Dompetku dan Telkom melalui Flexi-Cash-nya. Sejumlah manfaat hadir dari layanan terbaru ini. T-Cash, misalnya, memungkinkan ponsel pelanggan berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi mudah, cepat dan aman.

Halaman
12
Penulis: dodi hendriyanto
Editor: dahrul
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help