Ini yang Menjadi Penyebab Inflasi Angkutan Udara Menurut Sarjulianto

Jangan salah sebetulnya penyebab inflasi bukan masalah harga tiket mahal tapi fluktuasi tarif batas atas dan bawah

Ini yang Menjadi Penyebab Inflasi Angkutan Udara Menurut Sarjulianto
BANGKAPOS.COM/KRISYANIDAYATI
Kepala Dinas Perhubungan Babel, Sarjulianto 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Tingginya inflasi di Bangka Belitung menurut data resmi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kep Bangka Belitung sebagian besar didominasi oleh tarif angkutan udara.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kep Bangka Belitung, Sarjulianto kepada Bangka Pos meluruskan perspektif tingginya inflasi angkutan udara yang sebenarnya tidak diakibatkan oleh mahalnya harga tiket namun cenderung diakibatkan oleh fluktuasi event peak seasen (puncak musim) di Bangka Belitung.

Berdasarkan peraturan Kementrian Perhubungan no 16 tahun 2016 tarif batas minimum seharga Rp.345.000 sementara tarif batas atas mencapai Rp.1.150.000. Harga ini masih ditambah 20 persen untuk airpotek dan lain-lain.

"Jangan salah sebetulnya penyebab inflasi bukan masalah harga tiket mahal tapi fluktuasi tarif batas atas dan bawah terlalu tinggi. Contoh penerbangan Jakarta-Jogja harga tinggi Rp.800-Rp.900 ribu tapi di sana gak ada naik turun harga," jelas Sarjulianto usai rapat bersama maskapai, Kamis (6/7).

Guna mengatasi fluktuasi harga ini, Dinas Perhubungan Provinsi Bangka Belitung bersama maskapai yang beroperasi di Bangka Belitung sepakat untuk menentukan tarif batas bawah dan tarif batas atas khusus untuk daerah Bangka Belitung.

Kebijakan ini menurut Sarjulianto bisa dilakukan mengingat jarak antara harga tarif bawah dan atas terlampau jauh dan transportasi angkutan udara di Kepulauan Bangka Belitung tiap tahun kian meningkat.

Rencana penentuan tarif batas bawah dan atas akan berlaku untuk dua rute yakni Pangkalpinang-Jakarta (sebaliknya) dan Tanjungpinang-Jakarta (sebaliknya).

"Sebelum dirubah akan ada penekanan dari Gubernur yang disepakati oleh semua maskapai di Bangka Belitung. Ini akan jadi solusi yang cepat yang berproses di kementrian perhubungan dengan lapiran khusus terhadap dua rute itu di Bangka Belitung," tutupnya. (*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved