Kartu Tambang Bisa Kontrol Pertambangan Rakyat

Kartu itu isinya data rekening, ketika misalnya dia dapat 2 kg, langsung ke Pos, uangnya langsung masuk ke ATM

Kartu Tambang Bisa Kontrol Pertambangan Rakyat
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Erzaldi Rosman Djohan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Babel, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan kartu tambang yang diberikan PT Timah untuk mengontrol pertambangan rakyat.

"Kartu ini diberikan sekaligus untuk mendata sejauh mana tambang rakyat ini memiliki kekuatan. Sekaligus untuk mengontrol agar hasil yang sudah ditambang rakyat ini, langsung dijual ke PT timah," kata Erzaldi, Jum'at (7/7/2017).

Dijelaskannya, kartu tambang ini nantinya akan diberikan bagi mitra PT Timah. Menurutnya, dengan adanya kartu tambang ini akan mempermudah kontrol dan pembayaran.

"Kartu itu isinya data rekening, ketika misalnya dia dapat 2 kg, langsung ke Pos, uangnya langsung masuk ke ATM," ujarnya.

Dirinya belum mengetahui jumlah kartu tambang yang akan diberikan, namun menurutnya kartu tambang ini bisa dimiliki siapa saja, asalkan bermitra dengan PT Timah dan telah lulus verifikasinya.

Para mitra ini akan menambang di IUP PT Timah, sehingga pengawasan pasca tambang dan Pendapata Asli Daerah dalam hal ini Royalti akan semakin jelas.

"Ini diyakini bisa meningkatkan PAD kita, karena ini akan terkontrol, kita tau di desa berapa uang yang masuk dari tambang ini," jelasnya. (*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help