BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Tolak KIP, Nelayan Pesaren Sampaikan Sejumlah Tuntutan

Nelayan menyatakan menolak keberadaan KIP yang beberapa hari lalu masuk dan diduga beroperasi di Pesaren.

Tolak KIP, Nelayan Pesaren Sampaikan Sejumlah Tuntutan
Bangkapos.com/Riyadi
Sekitar seratus nelayan dari Dusun Pesaren Desa Bintet Kecamatan Belinyu dan pengurus Lembaga Kelautan Perikanan (LKPI) Bangka menggelar demo menolak Kapal Isap Produksi (KIP), di Kantor Unit Laut Bangka (ULB) Belinyu, Senin (10/7/2017).

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sekitar seratus orang nelayan dari Dusun Pesaren Desa Bintet Kecamatan Belinyu dan pengurus Lembaga Kelautan Perikanan (LKPI) Bangka menggelar demo menolak Kapal Isap Produksi (KIP), di Kantor Unit Laut Bangka (ULB) Belinyu, Senin (10/7/2017). 

Nelayan menyatakan menolak keberadaan KIP yang beberapa hari lalu masuk dan diduga beroperasi di Pesaren.

Nelayan meminta PT Timah, agar tidak memasukkan dan megoperasikan KIP lagi di perairan itu.

Nelayan juga meminta tanggung jawab PT Timah untuk merehabilitasi karang dan rumpong di Laut Pesaren, yang hancur akibat beroperasinya satu unit KIP, PT Timah agar membuat surat pernyataan untuk tidak menjadikan Laut Pesaren sebagai areal penambangan menggunakan KIP.

Nelayan Belinyu, Alex mengungkapkan, PT Timah juga harus menyebutkan semua nama KIP yang ada di Belinyu, untuk tidak beroperasi di Pesaren.

"Kalau beroperasi di Pesaren, akan kami bakar, tapi kalau masuk Pesaren karena kapal rusak, agar PT Timah segera lapor ke masyarakat Pesaren, maka kami akan bantu, tapi jangan sampai beroperasi di laut Pesaren," kata Alex ketika menyampaikan tuntutannya saa demo tersebut.

Pengawas KIP PT Timah Supandi mengatakan, kapal yang masuk ke Pesaren kemarin, bukan menambang tapi karena mengalami kerusakan rader dan lainnya, jadi harus di perbaiki.

"kami minta maaf, kapal kami saat itu sedang dalam perbaikan," jelas Supandi.

Beberapa tuntutan itu sedang di bahas dan dirumuskan bersama antara nelayan, PT Timah dan LKPI di ruang rapat ULB PT Timah.

Aksi demo itu mendapatkan pengamanan dari Polres Bangka, Polsek Belinyu dan Satpam PT Timah.

Penulis: riyadi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help