BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Nelayan Selam Laut Pesaren Temukan Palung dan Terumbu Karang Kondisinya Rusak

Nelayan terkejut dengan temuan itu, karena selama ini, Laut Pesaren tidak pernah ada kegiatan penambangan, tapi ada palung

Nelayan Selam Laut Pesaren Temukan Palung dan Terumbu Karang Kondisinya Rusak
Bangkapos.com/Riyadi
Pengawas KIP PT Timah Supandi (seragam dinas lapangan warna biru) saat menjelaskan persoalan kenapa KIP PT Timah sampai berada di Pesaren. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Nelayan Pesaren Desa Bintet Kecamatan Belinyu, beberapa hari lalu melakukan penyelaman untuk cek kondisi terumbu karang di dasar laut setempat.

Hal itu dilakukan, karena sebelumnya ada satu unit kapal isap produksi (KIP) masuk ke laut Pesaren.

Pada waktu itu nelayan setempat, tidak tahu persis, sesungguhnya apa yang dilakukan KIP.

Nelayan waktu itu beranggapan bawah KIP melakukan aktivitas penambangan (setelah di demo Senin 10 Juni kemarin, terungkap bahwa satu unit KIP PT Timah ini, sedang dalam pelayaran ke Perairan Bubus, tapi mendadak trouble, mengalami kerusakan teknis dan harus berhenti di Pesaren untuk proses perbaikan).

Kadus Pesaren Feriyanto (Asen) mengungkapkan, dalam penyelaman itu nelayan menemukan palung dan terumbu karang di sekitar palung juga rusak.

Nelayan terkejut dengan temuan itu, karena selama ini, Laut Pesaren tidak pernah ada kegiatan penambangan, tapi ada palung dan terumbu karangnya juga rusak.

"Temuan dalam penyelaman itu langsung di dokumentsikan. Dari dasar temuan itulah, kemarin kami ke PT Timah (di Kantor Unit Laut Bangka) di Belinyu, di peroleh kesepakatan bersama yang salah satu poinnya adalah PT Timah akan merehabilitasi terumbu karang yang rusak. Kami bersyukur kemarin kedua belah pihak sudah sepakat," jelas Asen kepada bangkapos.com Selasa (11/7/2017).

Sebelumnya, yakni saat aksi unjuk rasa di Kantor ULB PT Timah di Belinyu, Senin (10/7/2017), Pengawas KIP PT Timah Supandi meminta maaf ke nelayan Pesaren, atas masuknya KIP di Laut Pesaren beberapa hari lalu.

Soal tuntutan nelayan agar ada merehabilitasi terumbu karang di Pesaren, PT Timah siap untuk merehabilitasinya.

Halaman
12
Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help