BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

Di Bangka Ada sekitar 11.000 Hektar Lahan Kritis Eks Tambang

Sekitar 11.000 hektar lahan kritis bekas tambang timah dan Pemkab Bangka akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak

Di Bangka Ada sekitar 11.000 Hektar Lahan Kritis Eks Tambang
Bangkapos/Deddy Marjaya
Wakapolda Kep Babel Kombes (Pol) Tantan Sulistyana menanam pohon bibit jambu cincalo bersama bupati Bangka tarmizi Saat Kamis (13/7/2017) di Desa Pemali Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Bupati Bangka Tarmidzi Saat bersama Wakapolda Bangka Belitung Kombes (Pol) Tantan Sulistyana melakukan penamanam pohon buah dan pelepasan benih ikan nila di lahan eks tambang timah di Desa Pemali Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Kamis (13/7/2017).

Lahan ini merupakan lahan kritis sekitar 5 hektar ditanami berbagai jenis pohon buah melalui program Go Green Bhabinkamtibmas yang digagan oleh Polda Kep Bangka Belitung bekerjasama dengan pihak peleburan bijih timah (smelter).

Ditemui disela kegiatan Tarmidzi Saat mengatakan saat ini di Kabupaten Bangka ada sekitar 11.000 lahan eks tambang timah yang berubah menjadi lahan kritis di Kabupaten Bangka.

Maka dari itu Pemkab Bangka sangat mendukung sekali program penghijauan yang dilaksanakan Polda Kep Bangka Belitung dan mengucapkan terimakasih.

"Sekitar 11.000 hektar lahan kritis bekas tambang timah dan Pemkab Bangka akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk mendukung penuh yang dilaksanakan oleh Polda Kep Bangka Belitung," kata Tarmidzi Saat.

Sementara itu Kombes (Pol) Tantan Sulistyana mengatakan sudah ada 5 titik di Pulau Bangka dan Pulau Belitung dilakukan penanaman pohon buah yang memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Rencananya untuk tahap pertama program Go Green Bhabinkamtibmas ini ada sekitar 440 hektar lahan eks tambang timah yang ditanami buah-buahan melibatkan pihak smelter.

Program ini akan terus berjalan sehingga lahan-lahan eks tambang timah di Bangka Belitung bisa kembali produktif dan dimanfaatkan oleh masyarat.

Dimana Bhabinkamtibmas Polri desa setempat akan bekerjasama dengan kelompok tani mengelola kawasan yang ditanami dalam program Go Grenn bhabinkambtimas.

"440 hektar yang akan kita tanam tahap pertama ini dan berlanjut untuk tahap berikutnya salah satu lahan yang kita tanam malah saat ini sudah dipanen semoga lahan lainnya dalam program Go Green juga seperti itu," kata Tantan Sulistyana.(*)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help