Babel Jadi Tuan Rumah Semirata FPPB Bersama 28 PTN Wilayah Barat Indonesia

Hingga hari ini jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 339 orang meliputi dosen dan mahasiswa kalangan S2 dan S3 PTN

Babel Jadi Tuan Rumah Semirata FPPB Bersama 28 PTN Wilayah Barat Indonesia
istimewa
Seminar yang digelar FISIP UBB berlangsung di Ruang Pertemuan Puri 56 Pangkalpinang, Sabtu (20/5/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi tuan rumah Seminar Nasional dan Rapat Tahunan (Semirata) Bidang Ilmu Pertanian Tahun 2017.

Pertemuan yang akan dihadiri oleh 28 perguruan tinggi negeri (PTN) wilayah barat Indonesia ini mengangkat tema "Mendorong Kedaulatan Pangan Melalui Pemanfaatan Sumber Daya Unggul Lokal" mulai 20-21 Juli 2017 di Hotel Santika Bangka.

Ketua Panitia Seminar Nasional dan Rapat Tahunan Bidang Ilmu Pertanian 2017, Eries Dyah Mustikarini menuturkan tahun lalu Provinsi Aceh pernah menjadi tuan rumah acara serupa yang kemudian berganti di Bangka Belitung.

Hingga hari ini jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 339 orang meliputi dosen dan mahasiswa kalangan S2 dan S3 PTN. Keseluruhan acara akan berlangsung 20-23 Juli 2017 yang terbagi dari long trip dan short trip.

Beberapa peserta dipecah menjadi dua, salah satunya menjalani long trip 21-23 Juli 2017 di Pulau Belitung, sementara sisanya menjalani short trip di Pulau Bangka.

Acara ini semakin meriah karena diisi oleh pembicara dari Gubernur Provinsi Kep. Bangka Belitung Erzaldi Rosman, Direktur PT. Timah, Tbk, Ketua Perhimpunan Pemuliaan Indonesia, Sobir dan Akademisi Universitas Bangka Belitung dan Praktisi Lahan Pasca Tambang Ismed Inonu.

"Melalui seminar ini akan membahas pertanian, tanaman lokal dan mencari tanaman lokal yang tepat dimanfaatkan di lahan pasca tambang sebagai upcaya mencari solusi. Maka itu kami juga mengundang Dirut PT. Timah," ujar Eries Dyah saat dihubungi Bangka Pos, Jumat (14/7).

Bangka Belitung terbilang tertinggal dalam pengembangan pertanian dibanding daerah lain.

Sebab itu masing-masing dekan dari tiap PTN akan diberikan waktu selama lima menit untuk mempresentasikan penelitian berkaitan dengan pertanian dan akan saling bertukar informasi.

Selain membahas masalah kelokalan dan presentasi hasil penelitian di Bangka Belitung. Dekan masing-masing PTN Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FPPB) juga akan mendiskusikan kurikulum pembelajaran dan arah administrasi bagi mahasiswa untuk mencetak alumni yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved