BangkaPos/

Duh, Miras Jenis Arak Masih Marak Beredar Di Simpangkatis

Kalau cuma diperingatkan tidak akan membuat kapok penjual, sebab mereka tetap masih menjual arak didaerah ini

Duh, Miras Jenis Arak Masih Marak Beredar Di Simpangkatis
IST
Ribuan liter arak diamankan dari pabrik arak besaar milik Akiong dikawasan Kampung Jeruk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah Jum'at (5/5/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Peredaran minuman keras (Miras) jenis arak di khususnya di Kecamatan Simpangkatis, Bangka Tengah (Bateng) cukup bebas.

Pasalnya penjualan minuman haram ini sangat mudah didapatkan, Senin (17/7/ 2017) .

Selain mudah didapat, harganya pun sangat terjangkau, pembeli hanya cukup merogoh kocek Rp 10 ribu sudah dapat membawa miras jenis arak satu kantong plastik ukuran kecil. Satu kantong pelastik ini diperkirakan berisi setengah liter.

Pantauan bangkapos.com, setidaknya terdapat beberapa orang di kecamatan ini yang menjual arak.

Beberapa orang lagi bahkan menjual miras didaerah cukup ramai. Arak-arak ini dijual oleh warga minoritas, dan tidak ada masyarakat melayu yang menjual.

Pemandangan ini cukup mengkhawatirkan, sebab tak sedikit kasus kejahatan dan kecelakaan didaerah ini yang disebabkan oleh miras. Bahkan yang teranyar pembunuhan yang menewaskan satu orang yang diduga karena pengaruh miras.

Masyarakat simpang katis yang enggan disebutkan namanya menyebutkan tidak ada tindakan tegas dari pihak penegak hukum mengenai penjualan minuman arak. Namun ia tak menutupi peredaran miras ini pernah di razia aparat kepolisian, akan tetapi penjual hanya diperingatkan dan arak disita.

"Kalau cuma diperingatkan tidak akan membuat kapok penjual, sebab mereka tetap masih menjual arak didaerah ini, wajar saja penjualan arak ini bebas dilakukan. Pembeli pun mulai dari anak-anak dibawah umur hingga orang dewasa," ungkapnya.

Yang cukup memprihatinkan, arak tersebut diminum dicampur dengan minuman gelas yang banyak dijual di warung. Ia khawatir pemuda di simpang katis khususnya akan rusak karena miras.

"Anak-anak biasanya mencampur arak ini dengan minuman kemasaan cangkir plastik seperti terpedo supaya rasa yang dihasilkan agak manis dan enak untuk diminum dari pada minum yang asli," ujarnya.(*)

Penulis: Evan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help