BangkaPos/

Lima Pendaki Asal Bandung Kelelahan, Lemas, Menggigil Ditemukan di Gunung Gandang Dewata

Empat pendaki tersebut di antaranya adalah siswa SMA 5 Bandung dan seorang lainnya adalah mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung

Lima Pendaki Asal Bandung Kelelahan, Lemas, Menggigil Ditemukan di Gunung Gandang Dewata
KOMPAS.com/ Junaedi
Lima pendaki asal Bandung, Jawa Barat, dievakuasi dari Gunung Gandang Dewata, Mamasa, Sulawesi Barat, Minggu (16/7/2017). 

BANGKAPOS.COM, MAMASA, - Lima pendaki asal Bandung, Jawa Barat, ditemukan di Gunung Gandang Dewata, Mamasa, Sulawesi Barat, dalam kondisi lemas, kedinginan dan kakinya mengalami infeksi, Minggu (16/7/2017) kemarin.

Empat pendaki tersebut di antaranya adalah siswa SMA 5 Bandung dan seorang lainnya adalah mahasiswa Universitas Padjajaran Bandung.

Mereka antara lain Ramzy (17), ketua rombongan yang juga tercatat sebagai siswa kelas 3 SMA 5 Bandung (laki-laki); Rayhan (16) kelas 2 SMA 5 Bandung (laki-laki); Argya (16) kelas 3 SMA 5 Bandung (perempuan); Bunga (16) kelas 3 SMA 5 Bandung (perempuan) serta Naufal (19), mahasiswa semester 3 Universitas Padjajaran Bandung (laki-laki).

Korban diduga kelelahan lantaran sejak berangkat 5 Juli lalu melalui jalur Mamuju terus diguyur hujan deras hingga kelimanya basah kuyup. Dua pendaki yang naas itu adalah perempuan.

Setelah gagal mencapai puncak Gunung Gandang Dewata setinggi lebih dari 3.300 meter di atas permukaan laut tersebut, mereka dievakuasi dengan ditandu menggunakan kayu dan sarung.

Kondisi medan yang terjal dan licin akibat diguyur hujan deras membuat proses evakuasi korban berjalan lambat.

Korban ditandu perlahan-lahan sambil menyesuaikan kemiringan gunung agar para korban tidak terjatuh selama proses evakuasi.

Proses evakuasi dilakukan oleh Kelompok Pencinta Alam (KPA) Quarles Mamasa, warga dan aparat kepolisian.

“Saat pertama kami temukan beberapa di antaranya sedang menggigil kedinginan dan tubuhnya dalam keadaan lemas," kata Yopie dari KPA Quarles Mamasa.

Ketua rombongan pendaki, Ramzy (17), mengatakan mereka bertahan di Pos 2 Gunung Gandang Dewata, tempat pertama mereka ditemukan tim pencari.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help