Tak Daftar Ulang, Sebanyak 179 Peserta Tak Serius di Jalur SBMPTN

Absennya 179 peserta ini melakukan daftar ulang menyebabkan perubahan kuota di jalur penerimaan SBMPTN dan SMMPTN

Tak Daftar Ulang, Sebanyak 179 Peserta Tak Serius di Jalur SBMPTN
IST
Para alumni SLTA sedang mengikuti seleksi SBMPTN di Kampus UBB Balunijuk. 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti


BANGKAPOS.COM, BANGKA-
Sebanyak 179 peserta dinyatakan gagal diterima Universitas Bangka Belitung (UBB) di jalur penerimaan SBMPTN lalu karena tidak melakukan daftar ulang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB Ismed Inonu membeberkan ada tiga alasan yang melatarbelakangi ketidakseriusan peserta ini yakni karena lalai, tidak paham dan kesengajaan.

Absennya 179 peserta ini melakukan daftar ulang menyebabkan perubahan kuota di jalur penerimaan SBMPTN dan SMMPTN.

Daya tampung SBMPTN hanya 35 persen kemudian naik 53 persen namun akibat adanya peserta yang tidak serius mendaftar maka persentase turun menjadi 41,24 persen.

Sehingga kukurangan kuota SBMPTN ditambahkan ke SMMPTN. Kuota SMMPTN mulanya hanya 26 persen mengikuti aturan minimal 30 persen namun naik menjadi 32,81 persen.

"Peserta lalai ini di hari penutupan pendaftaran baru datang ke UBB dan tidak mencermati apa yang kita sampaikan. Sementara kalau yang sengaja memang melepaskan haknya diterima di UBB karena sudah diterima di perguruan tinggi lain. Ada pula yang sengaja mundur setelah tahu besar uang kuliah tunggal (UKT)," jelas Ismed Inonu kepada Bangka Pos.

Sampai saat ini Jumlah mahasiswa UBB yang telah lolos verifikasi di tahap SNMPTN sebanyak 292 orang sedangkan SBMPTN sebanyak 464 orang.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help