Tarmizi Minta Mahasiswa UBB Berburu Bunatuhri, Bumilristi dan Bunaktuslah

Untuk itu ia sudah menyiapkan sebanyak 400 paket masing-masing 50 paket setiap desa,

Tarmizi Minta Mahasiswa UBB Berburu Bunatuhri, Bumilristi dan Bunaktuslah
Bangkapos/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat didampingi Wakil Rektor III UBB Fadillah Sabri, mengalungkan jaket KKN secara simbolis saat melepas Mahasiswa KKN Tematik UBB, Selasa (18/7/2017) di Ruang Bangka Bermartabat 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Bupati Bangka H Tarmizi meminta Mahasiswa KKN Tematik Universitas Bangka Belitung membantu program Pemerintah Kabupaten Bangka berburu Bunatuhi yakni Perburuan Orang Tua Hidup Sendiri.

Untuk itu ia sudah menyiapkan sebanyak 400 paket masing-masing 50 paket setiap desa, bantuan untuk para bunatuhri yang ditemukan oleh Mahasiswa KKN Tematik UBB.

Bantuan paket tersebut berisisembako terdiri dari beras, minyak goreng dan gula.

"Siapkan tiap desa 50 orang orang tua hidup sendiri contohnya bujang tua tak laku-laku hidup sendiri kita bantu. Begitu juga janda-janda tua. Waktu dikumpul kemarin di desa Payabenua itu sebanyak 120 orang 20 orangnya laki-laki dan 100 perempuan," ajak Tarmizi dalam sambutannya ketika melepas Mahasiswa KKN UBB, Selasa (18/7/2017) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat.

Dia menegaskan, bahwa bantuan tersebut tidak terkait dengan politis menghadapi Pilbup 2018.

Bantuan itu berasal dari kantong pribadinya sendiri sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat yang telah mendoakannya sembuh dari sakit ginjal yang dideritanya.

"Jangan dikait-kaitkan dengan kampanye. Itu waktu saya sakit didoakan masyarakat sehat. Saya tidak mau dikait-kaitkan dengan situ (politik-red). Niat kita hanya membantu saja," tegas Tarmizi.

Dia juga minta mahasiswa berburu Bunaktuslah yakni Perburuan Anak Putus Sekolah. Menurutnya umur enam hingga 15 tahun tidak boleh ada anak di Kabupaten Bangka ini yang tidak bersekolah.

Untuk itu para anak putus sekolah akan disekolahkan program paket belajar secara gratis.

Selain itu juga khusus para mahasiswi KKN UBB ia minta memburu Bumilristi yakni Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi. Ini untuk mendukung program Bangmuda yakni Bangka Mudah Dapat Akte.

Dikhawatirkan bumilristi ini menderita sakit jantung, hipertensi, gula darah dan penyakit lainnya yang beresiko tinggi.

"Tidak boleh di Bangka Belitung terjadi, kalau terjadi IPM (Indeks Pembangunan Manusia--red) kita menurun. Bahaya maka tidak boleh ada," kata Tarmizi.

Untuk itu perlu didata guna memantau kondisi ibu dan bayi hingga melahirkan nanti.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved