Tragis, Kapal Perang Pembawa Bom Atom Ini Tenggelam dan Awaknya Di Mangsa Hiu Ganas

Sebanyak 900 awak lainnya yang terapung-apung di laut harus berjuang melawan dinginnya air laut dan serbuan ikan hiu

Tragis, Kapal Perang Pembawa Bom Atom Ini Tenggelam dan Awaknya Di Mangsa Hiu Ganas
Kodiapps
Tenggelamnya USS Indianapolis 

BANGKAPOS.COM--Kapal perang USS Indianapolis yang diluncurkan pada tahun 1931 merupakan kapal perang kebanggaan AS dan sudah banyak sekali menjalankan misi tempur, terutama saat PD II.

Selama PD II misi tempur yang sukses dijalani USS Indianapolis antara lain, menggempur Jepang di Pasifik Selatan, tepatnya di kawasan Rabaul, New Britain, New Guninea, Kiska Island, dan lainnya.

Sebelum ditenggelamkan kapal selam Jepang pada akhir PD II, USS Indianapolis sudah biasa mengalami cedera. Namun setelah diperbaiki, siap bertempur lagi.

Selain bertugas sebagai kapal tempur, USS Indianapolis juga merupakan kapal flagship Armada Kelima AS yang bermarkas di Hawai dan dibawah komando, Vice Admiral Raymond A Spruance.

Di armada ini, Indianapolis menjalankan misi tempur yang terbilang sukses hingga tahun 1944. Misi itu antara lain, Operation Galvanic, Tarawa, Makin, Kwajalein Atoll, Western Carolines, dan lainnya.

Selama tahun 1944, misi tempur yang dijalankan Indianapolis benar-benar membuat super sibuk. Sasaran yang diserbu jaraknya saling berjauhan mulai dari Philipina hingga Ke Jepang.

Dalam misi ini, sebuah torpedo Jepang sempat menghantam Indianapolis. Tapi kerusakan yang ditimbulkan bisa cepat diperbaiki ketika sampai di Tinian.

Pada awal tahun 1945, Indianapolis setelah menjalani overhaul mesin bergabung dengan armada yang dipimpin Vice Admiral March A Mitscher dan tak lama kemudian mendapatkan tugas menggempur Iwo Jima.

Kendati serbuan ke Iwo Jima menimbulkan kerugian besar AS, armada Mitscher berhasil meraih kemenangan telak.

Indianapolis yang turut menentukan pertempuran kemudian melanjutkan kampanye serbuannya menuju Okinawa.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help