Kisah Magis Keris Siginjei Melawan Pemberontak Sakti dan Punya Ilmu Kebal Senjata

Keris khusus yang terbuat dari Sembilan jenis besi, ditempa 40 Jumat dan disepuh dengan air 12 muara,

Kisah Magis Keris Siginjei Melawan Pemberontak Sakti dan Punya Ilmu Kebal Senjata
TribunJambi.com/ ELFRIDE SIAGIAN
Duplikat keris siginjei di Museum Negeri Jambi, Selasa (18/7) 

Laporan wartawan Tribunjambi.com, Elfride Siagian

BANGKAPOS.COM, JAMBI - Disaat Jambi masih di bawah naungan Kerajaan Mataram, Orang Kayo Hitam anak bungsu dari suami istri Datuk Paduko Berhalo dengan Puteri Selaras Pinang Masak selalu memberontak terhadap kerajaan Mataram dan tidak menyetujui pemberian upeti kepada Mataram.

“Orang Kayo Hitam selalu mencegat upeti yang akan diberikan Kerajaan Melayu kepada Kerajaan Mataram,” jelas Masgia SH selaku Kepala Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjai.

Mengetahui perilaku Orang Kayo Hitam, Kerajaan Mataram merasa diusik dan mengambil tindakan tegas dengan meyuruh Empu di Pulau Jawa membuat keris khusus guna membunuh Orang Kayo Hitam.

“Untuk membunuh Orang Kayo Hitam dikatakan ramalan ahlli nujum dari Pemalang saat itu butuh Keris khusus yang terbuat dari Sembilan jenis besi, ditempa 40 Jumat dan disepuh dengan air 12 muara,” jelas Masgia.

Kekebalan dan kesaktian yang dimiliki Orang Kayo Hitam menjadi alasan dibutuhkan alat khusus untuk membunuhnya.

Belum sempat menyelesaikan pembuatan Keris tersebut, Orang Kayo Hitam sudah mengetahui tindakan Raja Mataram dan segera mencari siapa pembuat Keris.

Tak butuh waktu lama Orang Kayo Hitam menemukan Empu pembuat Keris dan meminta Keris tersebut secara baik-baik.

“Empu tidak menyerahkan Keris tersebut dan membuat Orang Kayo Hitam emosi kemudian memintanya secara paksa,” tutur Masgia menjelaskan kisah Keris Siginjai.

Setelah perlawanan panjang, akhirnya Raja Mataram menghampri Orang Kayo Hitam dan berupaya melakukan penawaran untuk meredamkan amarah Orang Kayo Hitam.

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved