BangkaPos/

Musibah Banjir Belitung

Puluhan Sapi Peternak Buding Beltim Lenyap Disapu Banjir

Sebanyak 53 sapi milik kelompok peternak di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur hilang terjebak banjir.

Puluhan Sapi Peternak Buding Beltim Lenyap Disapu Banjir
Dokumen Pribadi Kapolres Belitung AKBP Sunandar
Banjir menggenangi wilayah Kecamatan Gantungm Belitung Timur difoto dari atas helikopter BNPB Sumsel. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Sebanyak 53 sapi milik kelompok peternak di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur terjebak banjir.

Anggota kelompok peternak tersebut, Paul menuturkan, sapi-sapinya terjebak di dataran tinggi saat air mulai meninggi di Desa Buding, Minggu (16/7/2017) lalu.

"Biasanya kalau pulang ke kandang itu kan sore. Jadi posisinya mereka ini sedang di lembah. Pas air pasang, dia tidak bisa balik ke kebun (kandang Mereka tertahan di dataran tinggi. Air makin dalam-dalam. Kemudian terendam dan ikut hanyut," tutur Paul dihubungi Pos Belitung, Selasa (18/7/2017) malam.

Baca: Banjir Rusak Fasilitas Sekolah di Pulau Belitung, Siswa Terpaksa Diliburkan

Kata dia, sebanyak 14 sapi sudah ditemukan di daratan dekat perairan Selindang, Kecamatan Kelapa Kampit, dalam keadaan hidup.

Sementara sisanya masih dicari.

Kawasan Selindang dikenal sebagai satu di antara kawasan tambat perahu nelayan di Kecamatan Kelapa Kampit.

"Ketemu di dekat laut selindang. Pak Kades Mentawak kalau tidak salah yang menemukan. 14 ekor yang ketemu dalam kondisi sehat. Yang lain terus dicari. Kalau (sudah mati), pasti ketemu bangkainya. Kan itu pasti bau," ujar Paul.

Baca: BNPB: Masa Tanggap Darurat Banjir Belitung dan Beltim hingga 28 Juli

Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan membenarkan informasi yang menyebutkan bahwa sebanyak 50 sapi milik kelompak peternak di Desa Buding dikabarkan hanyut.

Dia mengatakan, semua hal terdampak banjir akan didata. Dia juga meminta informasi tersebut ikut didata oleh instansi terkait.

"Apapun itu didata. Kami akan mengambil kebijakan yang sifatnya bantuan. Sekali lagi yang namanya bantuan, tergantung bagaimana bentuk bantuannya. Intinya, jangan sampai masyarakat kecewa, karena saya sebut tolong didata, dia sudah mengharapkan bantuan. Kita ini belum tahu prosedurnya. Setelah jelas dengan data yang baik, benar, akurat dan terupdate, baru kami sampaikan," bebernya, Selasa (18/7/2017) malam. (Pos Belitung/Dedy Qurniawan)

Berita ini sebelumnya diterbitkan Pos Belitung berjudul 53 Sapi Milik Kelompok Peternak di Buding Beltim Hanyut, 14 Sudah Ketemu di Dekat Laut Selindang

Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help