BangkaPos/

Tim Tanggap Bencana PT Timah Terus Bantu Korban Banjir Belitung

Hingga hari kelima bencana banjir Belitung dan Belitung Timur, tim Emergency Response Group (ERG) PT Timah (Persero) Tbk masih berada

Tim Tanggap Bencana PT Timah Terus Bantu Korban Banjir Belitung
Istimewa
Tim ERG PT Timah membantu korban banjir di Beltim. Melakukan pemeriksaan korban banjir. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ismed HS

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Hingga hari kelima bencana banjir Belitung dan Belitung Timur, tim Emergency Response Group (ERG) PT Timah (Persero) Tbk masih berada di lapangan membantu masyarakat korban banjir.

Aktifitas tim tanggap darurat PT Timah ini bahkan sudah dilakukan sejak Sabtu siang (15/7), saat hujan deras dan berpotensi banjir.

Kepala Sekertaris Perusahaan Nur Adi Kuncoro menyebut rangkaian aktifitas ERG Timah tersebut melibatkan sejumlah personel dengan kompetensi penanganan bencana dan paska bencana.

“Tim ERG untuk bencana Belitung dalam beberapa waktu kedepan akan ditambah sesuai kebutuhan dan intinya ini adalah bentuk komitmen perusahaan untuk membantu,” ujar Nur Adi.

Nur Adi menjelaskan selain tim ERG, pada Senin (17/7), PT Timah juga menurunkan tim medis dari RSBT dan BAZNAS Timah. Tim yang diturunkan oleh manajemen PT Timah memiliki latar belakang dan kompetensi disaster management yang berpengalaman dalam menangani medical respons dan evakuasi.

Tim ini sebelumnya sudah pernah dimaksimalkan di beberapa wilayah bencana seperti tsunami Aceh, gempa Padang dan Bengkulu, tsunami Mentawai, gunung Merapi di Yogya, dan banjir di Bangka berapa waktu lalu.

Kedatangan tim juga diperkuat dengan perlengkapan penanganan bencana, tiga unit rubber boat lengkap dengan mesin tempel, serta obat-obatan dan logistik siap untuk didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hari itu juga tim berkoordinasi dengan tim gabungan di bawah komando Kodim Belitung untuk langsung melakukan kegiatan evakuasi dan pengobatan (medical respons).

“PT Timah adalah bagian dari masyarakat, dan manajemen sangat mendukung emergency respons yang dilakukan oleh tim. Perbaikan akses sementara adalah hal terpenting untuk normalisasi pasca Bencana, dan kami akan mendukung penuh,” ujar Nur Adi.

Responsif
Nur Adi menjelaskan banjir di Pulau Belitung juga menimbulkan respon yang sangat cepat oleh karyawan di lingkungan BUMN ini.

Tidak hanya kantor Unit Belitung yang menjadi posko penanggulangan bencana, kantor di Pangkalpinang, Jakarta, Kundur dan Cilegon juga saat ini kebanjiran atensi dari karyawan. Sumbangan pakaian, uang dan obat-obatan terus mengalir.

“Kami sangat bangga dengan respon karyawan. Mereka selalu punya cara untuk berbuat dan hal ini mencerminkan cara perusahaan dalam merespon kondisi bencana dan sosial,” ujar Nur Adi.

Hingga laporan ini ditulis, tim ERG Timah di posko di Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Desa Gantung, dan Desa Mempiyuk masih terus bergerak membantu warga korban banjir.

Kabar terbaru adalah support ERG untuk peralatan kebersihan seperti sekop, cangkul, arco, hingga chainsaw untuk merapikan rumah warga di areal Desa Canggu yang sudah tidak tergenang banjir. (*)

Penulis: ismed
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help