Membandel, Tim Gabungan Obrak Abrik dan Bakar 8 Unit Mesin TI Paritenam

Kondisi Parit 6 kan sudah rusak dan sudah menjadi kolong-kolong tambang, padahal tidak jauh dari lokasi tersebut adalah bandara Depati Amir

Membandel, Tim Gabungan Obrak Abrik dan Bakar 8 Unit Mesin TI Paritenam
Ist

Laporan wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Aktifitas tambang inkonvensional (TI) liar di kawasan Parit 6, Lingkungan Kelurahan Baciang, Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kamis (20/7/2017) siang akhirnya ditertibkan oleh aparat penegak hukum atau tim gabungan (timgab).

Aksi penertiban terhadap tambang liar di lokasi setempat siang itu dipimpin langsung oleh Kepala satuan polisi pamong praja (kasat pol pp) Kota Pangkalpinang, Rasdian Setiawan didampingi Komandan Rayon Militer (Danramil) 14 Bukit Intan, Kapten TNI AD, Kapten Daniel dan dibantu sedikitnya 80 personil gabungan dari satuan polisi pamong praja (satpol pp), Polsek Bukit Intan, termasuk anggota Koramil 14 Bukit Intan.

Dalam giat penertiban tambang ilegal kali ini tim gabungam pun sempat membakar 8 unit mesin TI berikut sejumlah pondok, sedangkan 1 unit alat berat (escavator) yang sempat ditemukan di lokasi hanya diamankan saja, sementara para pemilik tambang liar di lokasi setempat belumlah diketahui.

"Ada 8 unit mesin TI yang kita temukan dilokasi tambang ilegal itu langsung kita bakar. Hal ini sebagai upaya pencegahan terhadap pertambangan ilegal di Pangkal Pinang dalam penegekan PERDA No. 07 tahun 2014," kata Kapten Daniel, Kamis (20/7/2017).

Sementara itu, Kasat Pol PP Kota Pangkalpinang, Rasdian Setiawan mengatakan kondisi lingkungan setempat dinilainya berdampak menjadi rendah serta rentan terjadinya longsornya tanah yang mengancam kediaman masyarakat di sekitar itu lantaran akibat galian tambang liar.

"Kondisi Parit 6 kan sudah rusak dan sudah menjadi kolong-kolong tambang, padahal tidak jauh dari lokasi tersebut adalah bandara Depati Amir, hal inilah yang mendorong kami untuk menegakan PERDA Kota Pangkal Pinang No. 1 tahun 2012 tentang tata ruang Kota Pangkal Pinang," tegas Rasdian. (*)

Penulis: ryan augusta
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved