Permudah Bayar Retribusi Pasar, Bank SumselBabel Koba Sosialisasikan Sistem ER USIP

Kegiatan ini digelar supaya pedagang lebih melek teknologi dan bisa mengefektifkan waktu dalam memungut retribusi

Permudah Bayar Retribusi Pasar, Bank SumselBabel Koba Sosialisasikan Sistem ER USIP
Bangkapos/Evan Saputra
Sosialisasi ER_USIP di pasar tradisional Kayu besi oleh bank sumselbabel cabang Koba bersama Disperindagkop Bateng 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Evan Saputra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bank SumselBabel cabang Koba menggelar sosialisasi ER_USIP atau Elektronik Retribusi Pasar. Sosialisasi ini digelar kepada seluruh pedagang pasar tradisional Kayu Besi Kecamatan Namang, Bangka Tengah (Bateng), Kamis (20/7/2017).

Hadir pada sosialisasi ini, Kepala Disperindagkop Bateng, Useng Komara, Kepala UPTD Pasar Roytergerbangka dan penyelia pelayanan jasa, informasi dan uang tunai Bank SumselBabel cabang Koba, Sumardiantara.

Sumardi mengatakan sosialisasi ini dilakukan supaya semua pedagang lebih melek teknologi. Masyarakat, tak perlu lagi repot untuk membayar retribusi tiap bulannya ke pemerintah.

Banyak hal yang didapat dari program ER_USIP ini, Sumardi mengatakan selain untuk mempermudah pedagang, hal itu pun juga sangat membantu pemerintah, sebab untuk audit internal dan eksternal lebih mudah, dan menghindari penyelewengan uang retribusi

"Kegiatan ini digelar supaya pedagang lebih melek teknologi dan bisa mengefektifkan waktu dalam memungut retribusi pasar, dan bisa menghindari pungli penyelewengan uang retribusi karena langsung masuk rekening pemerintah daerah dan mepermudah audit internal maupun eksternal administrasi retribusi pasar," katanya.

Sumardi menjelaskan pengguna kartu ER_USIP cukup menempelkan kartu tersebut di mesin EDC yang sudah disediakan pihak bank. Jika sudah menempelkan kartu tersebut, secara otomatis uang retribusi langsung masuk ke kas daerah.

"Penggunaan kartu ER_USIP pedagang tinggal menempelkan dimesin EDC lalu akan tercetak struk yang menandakan transaksi itu berhasil dilakukan dan uang akan langsung masuk ke kas daerah melalui bank sumselbabel cabang Koba," ujarnya.

Tak hanya di pasar kayu besi, Sumardi mengatakan uji coba ER_USIP juga derapkan di pasar air Mesu, namang, koba, simpang katis, dan sungai selan. Hal ini untuk memudahkan akses keamanan pembayaran retribusi pedagang.

Salah seorang pedagang pasar kayu besi, Edi Gunawan mengatakan aplikasi ER_USIP pedagang lebih dipermudah dibandingkan dengan sistem pemungutan retribusi secara manual.

Sementara Kepala Disperindagkop Bateng, Useng Komara mengatakan selama ini proses pembayaran masih menggunakan sistem manual. Ia berharap dengan adanya sistem elektronik dapat memudahkan masyarakat.

"Pemungutan retribusi yang ada di bateng yang masih menggunakan sistem manual sedikit demi sedikit beralih ke ER_USIP agar dapat mempermudah proses pemungutan retribusi pasar dan menghindari pengendapan uang retribusi yang akhirnya dapat mengakibatkan penyelewengan uang, dengan sistem ini retribusi langsung masuk ke kas daerah," katanya.(*)

Penulis: Evan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved