BangkaPos/

Turki, Brunai dan Malaysia Minati Kopiah Resam Sengir

Sebetulnya potensi kopiah resam ini sangat besar, banyak masyarakat diluar Bangka juga tertarik dan hingga saat ini

Turki, Brunai dan Malaysia Minati Kopiah Resam Sengir
Bangkapos/Nordin
Kopiah resam buatan desa Sengir Kecamatan Payung Bangka Selatan, Kamis (20/7/2017) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Pjs. Kades Sengir Kecamatan Payung Bangka Selatan Abdurroni menyebutkan, ada beberapa negara yang tertarik dengan kopiah resam buatan warganya, diantaranya Turki, Brunai darussalam dan Malaysia.

Pengusaha Turki bahkan sudah mengunjungi desanya guna melihat langsung kerajinan ini. Mereka ingin tahu bagaimana proses pembuatan hingga menjadi barang siap pakai.

" Sebetulnya potensi kopiah resam ini sangat besar, banyak masyarakat diluar Bangka juga tertarik dan hingga saat ini juga masih banyak peminatnya," terang Abdurroni kepada bangkapos.com, Kamis (20/7)

Dia melanjukan, untuk meningkatkan produk usaha kecil masyarakat, pihaknya melalui desa telah merencanakan untuk melaksanakan pelatihan sekaligus sosialisasi.

"Kendala kami saat ini adalah pangsa pasar, karena produk inikan bisa sifatnya awet jadi orang tidak setiap hari membelinya, selain itu bahan baku" ujar Abdurroni

Sementara pengrajin kopiah Resam Rutam menyebutkan, membuat kopiah resam gampang-gampang susah, butuh ketelitian dan harus sabar.

Tidak semua orang bisa mengerjakannya, biasanya untuk menyelesaikan satu kopiah resam dari mulai mencari bahan hingga siap pakai mencapai seminggu.

"Memang pengerjaannya masih secara tradisional, bahan-bahan yang digunakan dari alam semua, termasuk pewarnanya," jelas Rustam.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help