Gubernur Janjikan Bantuan Hibah Rp 500 Juta Untuk Yayasan Ikebana

Erzaldi akan memberikan bantuan hibah senilai Rp 500 juta untuk Yayasan Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana).

Gubernur Janjikan Bantuan Hibah Rp 500 Juta Untuk Yayasan Ikebana
Bangkapos.com/Nurhayati
Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan bersama istri Hj Melati menerima buku Magrove Yayasan Ikebana yang ditulis Ketua Ikebana Ervawi di Pesisir Pantai Rebo, Sungailiat, Sabtu (22/7/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Gubernur Babel H Erzaldi Rosman Djohan akan memberikan bantuan hibah senilai Rp 500 juta untuk Yayasan Ikatan Keluarga Besar Kenanga (Ikebana). Dana tersebut untuk membuat pujasera, toilet dan musholla.

"Buatlah, kuberi duit kek ikak, ini hibah. Jadikan dalam Yayasan Ikebana ini sebagai salah satu komunitas sadar wisata. Di dalam Yayasan Ikebana ini dalam aktenya ditulis selain pecinta lingkungan dia adalah komunitas sadar wisata sehingga nanti bantuan tersebut kami berikan dan sudah ada petunjuknya membuat ini membuat itu," kata Erzaldi pada acara penanaman bakau dalam rangka halal bihalal 1438 Hijriah Yayasan Ikebana bersama Gubernur Babel menuju Babel Hijau di Pesisir Pantai Rebo, Sungailiat, Sabtu (21/7/2017).

Dengan demikian lahan di kawasan konservasi Ikebana bisa manfaatkan. Dia tidak tahu lahan yang ditanam bakau oleh Ikebana ini punya siapa tetapi bisa dikerjasamakan dengan pemilik lahan.

Menurutnya jika banyak wisatawan yang berkunjung maka masyarakat di Desa Kenanga bisa diberdayakan untuk berdagang di kawasan hutan bakau Ikebana ini.

"Buat Kue Kenanga, bolu kujo yang nyamen-nyamen jangen yang besak-besak kecit-kecit jadilah yang sekali tulup kalau besak igak dak kawa maken e kita lungoi. Jangen hanya kue bolu kujo mungkin disini mie nyamen, lakso, nasi goreng e nyamen. Kelak yang nempat pujasera ni barang-barang yang nyamen yang dek nyamen jangen," saran Erzaldi.

Selain itu juga kemasannya harus menarik sehingga pujasera ini jadi sarana masyarakat untuk berjualan.

Erzaldi mengatakan bantuan itu juga untuk pembuatan sumur bor agar ada air bersih untuk toilet dan mushola bagi wisatawan yang datang. Disamping itu juga ada genset untuk penerangan.

"Ke depan bahwa apa yang ditanam ini menjadikan hasil-hasil lainnya. menjadikan hasil-hasil lainnya yang tadinya orang melihat kosong melompong hanya tanaman bakau dengan adanya pujasera, musholla dan toilet yang jadi fasilitas akan menambah orang untuk datang ke sini. Minimal ini dibersihkan kalau tidak dibersihkan pasti ku yakin akan terjadi seperti Terentang enam tahun yang lalu ini dijadikan sebagai tempat yang dak keruan," ingat Erzaldi.

Menurutnya bantuan tersebut akan diluncurkan pada bulan Januari 2018 nanti. Untuk dia minta dibuat rencananya.

Erzaldi juga meminta dukungan DPRD Babel untuk mewujudkan program bantuan bagi Ikebana.


Penulis: nurhayati
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help