Didukung Partai, Tokoh Nasional Asal Belitung Ini Siap Maju di Pilpres 2019

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra berencana maju di pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Didukung Partai, Tokoh Nasional Asal Belitung Ini Siap Maju di Pilpres 2019
Tribunnews/Jeprima
Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra berencana maju di pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Langkah itu akan dilakukan Yusril karena dirinya mendapat dukungan dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang dia dirikan.

Untuk menuju ke sana, Yusril akan segera melakukan uji materil UU Penyelenggaraan Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang kini telah meloloskan Presidential Threshold 20 persen di Sidang Paripurna DPR RI.

 Yusril saat ini masih menunggu disahkannya UU tersebut melalui tandatangan presiden, dinomori dan dimuat dalam lembaran negara.

"Tanpa selesainya proses itu, pendaftaran pengujian UU belum bisa dilakukan. Kalau pengesahan RUU ini selesai pekan depan, maka pekan depan ini juga pendaftaran permohonannya saya lakukan," kata Yusril melalui pesan singkat, Minggu (23/7/2017).

Yusril mengaku fokus menguji pasal-pasal tentang presidential threshold, yang akan dilakukan atas namanya sendiri sebagai pemohon. Ketua Umum PBB itu yakin mempunyai legal standing untuk mengajukan permohonan pengujian undang-undang.

"Karena partai saya PBB telah memutuskan untuk mendukung saya maju ke pencalonan presiden tahun 2019 nanti," kata Yusril.

Untuk Muluskan Jokowi

Yusril menuturkan proses pencalonan dirinya sebagai capres 2019 oleh PBB akan terhambat oleh adanya ketentuan presidential threshold 20-25 persen.

Hambatan ini, bukan saja terhadap dirinya, tetapi kemungkinan besar akan dihadapi oleh semua bakal calon lain seperti Prabowo Subianto yang akan dicalonkan Gerindra atau Agus Harimurti Yudhoyono yang potensial dicalonkan oleh Partai Demokrat.

Halaman
12
Editor: edwardi
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved