Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Tanggung Jawab Kades dan Lurah

Untuk mencapai visi tersebut ditetapkan strategi salah satunya adalah pemberdayaan dalam pembangunan kesehatan

Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Tanggung Jawab Kades dan Lurah
Bangkapos/Nurhayati
Asisten Bidang Kesra dan Pemerintahan Kabupaten Bangka Teddy Sudarsono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr Then Suyanti dan Kepala Dinas Sosial dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka Arman Agus menandatangani peluncuran Germas dan PIS-PK, Selasa (25/7/2017) di Novilla Boutique Resort Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA --Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka meluncurkan program Gerakan Masyarakan (Germas) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Selasa (25/7/2017) di Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Selain itu juga peluncuran program ini sekaligus pertemuan desa dan kelurahan siaga aktif, Selasa (25/7/2017) di Novilla Boutique Resort Sungailiat.

Menurut Asisten Bidang Kesra dan Pemerintahan Kabupaten Bangka Teddy Sudarsono, program pengembangan desa dan kelurahan siaga ini untuk mencapai visi pembangunan nasional 2005 hingga 2025 yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur.

Untuk mencapai visi tersebut ditetapkan strategi salah satunya adalah pemberdayaan dalam pembangunan kesehatan melalui kerjasama nasional dan global.

"Dalam tatanan otonomi daerah pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif urusan wajib pemerintah kabupaten/kota kemudian pelaksanaannya diserahkan kepada pemerintahan desa dan kelurahan," jelas Teddy.

Dikatakannya, bahwa pengembangan desa dan kelurahan siaga menjadi tanggung jawab kades dan lurah.

Oleh karena itu peran kades atau lurah beserta jajarannya dan tokoh masyarakat ke depannya akan semakin besar untuk mempercepat terwujudnya desa dan kelurahan sehat.

Dari 77 desa dan kelurahan se Kabupaten Bangka desa yang menempati strata tertinggi yaitu strata mandiri, diantaranya Desa Ruay, Air Duren, Neknang, Kapuk, Mangka, Bukit Layang, Dalil, Silip, Riau, Jada Bahrin, Kayu Besi, Labuh, Tanah Bawah dan Zed.

Sedangkan desa dan kelurahan yang menempati strata terendah yaitu strata pratama antaranya seluruh Kelurahan di Kabupaten Bangka Desa Sempan, Cit, Pangkalniur, Berbura, Deniang, Cengkong Abang, Kace, Rukam dan Air Buluh.

Penulis: nurhayati
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved