Mahasiswa KKN UBB Bantu Persiapan Festival Balitung

Ritual perayaan hari jadi pura kembali digelar di Dusun Balitung, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Mahasiswa KKN UBB Bantu Persiapan Festival Balitung
Istimewa
Mahaaiswa KKN UBB dan warga Dusun Balitung gotong royong membersihkan dusun sebagai bagian dari persiapan Festival Balitung. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Ismed HS

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ritual perayaan hari jadi pura kembali digelar di Dusun Balitung, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Perayaan yang lebih dikenal sebagai nama “Odalan” ini merupakan salah satu bentuk perayaan terhadap pura yang menjadi tempat masyarakat setempat dalam melakukan proses peribadatan.

Terdapat 4 pura besar yang ada di Dusun Balitung ini. Masing-masing pura pun dalam kurun waktu tertentu rutin melaksanakan “Odalan” ini.

Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan perayaan hari jadi atau odalan di Pura Penataran Dalem Ped yang merupakan salah satu pura besar yang ada di Dusun Balitung ini.

Odalan ini akan dilaksakan pada tanggal 2 Agustus 2017 pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 dan dilanjutkan kembali pada pukul 15.00 hingga malam hari.

Menurut penuturan Ngah Oke selaku ketua adat di Dusun Balitung Odalan ini dimaksudkan untuk merayakan hari jadi pura sekaligus menjadi momentum untuk terus menjaga komitmen dalam menjaga dan merawat pura.

"Acara ini rutin pun dilakukan setiap enam bulan sekali," kata Ngah Oke di sela-sela persiapan di Dusun Balitung, Sijuk, Belitung, seperti dikutip dari Mario, mahasiswa KKN UBB, Sabtu (29/7/2017). 

Mario, mahasiswa KKN UBB, mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk pengabdian masyarakat, beberapa mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Balitung, Kabupaten Belitung pun ikut serta dalam memeriahkan dan mempersiapkan kegiatan tersebut.

"Perayaan odalan ini telah dikonsepkan oleh para mahasiswa KKN Dusun Balitung untuk menjadi salah satu rangkaian festival budaya di Dusun Balitung dengan mengangkat tajuk “Authentic Balitung” sebagai salah satu event tahunan.

Dengan mengangkat tema Authentic Balitung, diharapkan festival budaya di Dusun Balitung ini dapat menarik minat para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menyaksikan langsung kebudayaan asli Bali di Pulau Belitung ini," kata Mario.

Muhammad Tada mahasiswa KKN UBB lainnya mengatakan perayaan Odalan ini akan menampilkan berbagai rangkaian acara, yakni dimulai dari arak-arakan, proses penyucian, proses peribadatan serta akan dilanjutkan dengan berbagai acara hiburan khas Bali semisal Tari Rejang Dewa, Tari Topeng, dan ditutup dengan Tari Sang Hyang yang merupakan salah satu tarian tersakral dalam kebudayaan Bali.

"Masyarakat di Dusun Balitung menyambut baik tujuan dari para mahasiswa yang sedang melakukan KKN ini untuk mengembangkan Dusun Balitung sebagai salah satu destinasi pariwisata budaya. Terlebih di tengah-tengah budaya melayu yang cukup mengental di Belitung ini, terselip pesona kebudayan Bali yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri di Bumi Laskar Pelangi ini," kata Tada. 

Penulis: ismed
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help